Alhamdulillahi-lladzii hadaana lihadzaa, wama kunna linahtadiya laula an hadanallah, laqod jaa-at rusulu robbinaa bil haqqi wanuuduu an-tilkumul jannah, uuritstumuuhaa bimaa kuntum ta'maluun.
"Hay sahabat kompasiana.....!!!
Bismilah pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai.Â
Mengenal Evaluasi Pembelajaran Dan Program pendidikan
- Pengertian evaluasi
Evaluasi merupakan salah satu aspek penting dalam proses pembelajaran. Suatu perencanaan pembelajaran yang telah disusun sebaik mungkin pasti akan menemukan perbedaan dalam realita pelaksanaannya. Perencanaan pembelajaran yang baik membutuhkan instrument yang tepat yang disusun dan dianalisis kualitasnya sebagai bentuk evaluasi dalam proses pembelajaran. Buku ini membahas tentang konsep dasar evaluasi, pendekatan dalam evaluasi, instrument evaluasi jenis tes dan non tes, pengukuran domain kognitif, afektif dan psikomotorik serta cara menganalisis instrument evaluasi. Buku ini bisa digunakan sebagai bahan ajar bagi mahasiswa di lembaga pendidikan. Penguasaan terhadap materi buku ini diharapkan memberi mereka kemampuan dasar untuk melaksanakan evaluasi pembelajaran.
instrument yang tepat yang disusun dan dianalisis kualitasnya sebagai bentuk evaluasi dalam proses pembelajaran. Buku ini membahas tentang konsep dasar evaluasi, pendekatan dalam evaluasi, instrument evaluasi jenis tes dan non tes, pengukuran domain kognitif, afektif dan psikomotorik serta cara menganalisis instrument evaluasi. Buku ini bisa digunakan sebagai bahan ajar bagi mahasiswa di lembaga pendidikan. Penguasaan terhadap materi buku ini diharapkan memberi mereka kemampuan dasar untuk melaksanakan evaluasi pembelajaran.
Evaluasi adalah salah satu fungsi dalam manajemen pembelajaran, dari fungsi-fungsi manajemen pembelajaran lainnya. Bahkan evaluasi termasuk tugas utama seorang guru ketika dalam membuat rancangan pembelajaran (instructional design). Tugas seorang guru sebagai perancang sistem dalam konteks pembelajaran yakni mengorganisir orang-orang, material (bahan) dan prosedur-prosedur agar siswa dapat belajar secara efisien (Hamalik, 2001) Sebagai desainer guru tidak hanya mempersiapkan rancangan evaluasi, tetapi juga melaksanakan evaluasi pembelajaran untuk mengetahui hasil pembelajaran.
Menurut Davies (1990) Evaluasi dalam pembelajaran dilakukan karena memungkinkan untuk :
1.Mengukur kompetensi atau kapabilitas siswa apakah mereka telah melaksanakan tujuan yang telah ditentukan.
2.Menentukan tujuan mana yang belum direalisasikan, sehingga tindakan perbaikan yang cocok dapat diadakan.