Selama beberapa bulan belakangan, perusahaan e-commerce semakin menjamur di Indonesia, baik yang asli Indonesia maupun yang disokong investasi asing.Penjual semakin banyak pilihan dalam menentukan platform apa saja yang ingin digunakan, sementara pembeli juga disuguhi beragam pilihan tujuan belanja.Bila ditelaah, apa saja elemen penting untuk menilai sebuah platform e-commerce?
1.Traffic
Berapa traffic situs tersebut per bulan?
2.Jumlah Penjual
Berapa banyak penjual yang tergabung dalam toko tersebut?
3.Metode Pembayaran (Payment Methods)
Apa saja metode pembayaran yang ditawarkan dan sudah terintegrasi dalam situs tersebut?
4.Perlindungan Pembeli (Buyer Protection)
Saat ini perlindungan pelanggan dalam transaksi online belum terdefinisikan dengan baik, apakah situs e-commerce bersangkutan memberikan program proteksi khusus bagi pembelinya?
5.Edukasi
Kebanyakan masyarakat pengguna Internet di Indonesia belum begitu mengerti bagaimana bertransaksi online secara baik, apakah situs e-commerce bersangkutan turut melakukan program edukasi pembeli?Kebanyakan wirausahawan online Indonesia masih menggunakan situs non e-commerce untuk berjualan, situs seperti apa yang sebaiknya digunakan?
Multiply sudah hadir di Indonesia sejak dirilis tahun 2004.Dikenal terlebih dahulu sebagai situs jaringan sosial dimana penggunanya saling berbagi dan membangun komunitas melalui blog, foto, video dan lain-lain.Ketika penggunanya pun semakin beragam dengan masuknya mereka yang menggunakan Multiply sebagai tempat berdagang, Multiply pun secara perlahan mulai menggarap pasar pengguna tersebut sebelum akhirnya Multiply resmi menjadi perusahaan yang berfokus pada e-commerce pada akhir tahun 2010.Di Indonesia sendiri, Multiply membuka kantor cabangnya pada 15 Desember 2010 dan melansir platform pendukung kegiatan e-commerce yang diberi nama Multiply Commerce.Ketika Multiply Commerce dirilis pada Mei 2011, jagad Multiply.com sudah memiliki 2 juta akun terdaftar, 7 juta pengunjung unik tiap bulannya dan 35.000 penjual (per September 2011, jumlah tersebut sudah naik menjadi 45.000).Para seller di Multiply sangatlah beragam, dari ibu-ibu yang mendirikan usaha dari rumah sambil ngemong anak, pengrajin kertas lipat yang produknya sudah diekspor ke benua lain, hingga brand telekomunikasi besar di Indonesia. Per 19 Oktober 2011, ranking Multiply di Alexa adalah 22.Menurut assessment dari Effective Measure, Multiply.com menduduki posisi ke-17 dari 100 situs paling top di Indonesia.
Fitur yang juga sudah ada dalam Multiply Commerce antara lain: Marketplace (tempat dimana semua listing produk oleh penjual dipertunjukkan), Stock Room (tempat dimana penjual dapat mengunggah listing produk dan memonitor semua transaksi dan kunjungan), Shopping Cart (mempermudah pembeli untuk belanja beragam barang dari beragam toko, lalu membayar sekaligus), Payment Gateway (Multiply sudah dilengkapi metode pembayaran oleh BCA (KlikBCA, ATM, Setor Tunai), Mandiri (ATM) dan PayPal).Ditambah lagi, Multiply menawarkan program Buyer Protection yang melindungi semua pembelian yang dilakukan pada penjual yang memiliki status Trusted Seller.Artinya, bilamana penjual tidak mengantarkan pesanan seperti seharusnya, Multiply akan me-refund uang sang pembeli.
Dalam beberapa kesempatan, Multiply juga secara aktif berpartisipasi dalam mengedukasi masyarakat mengenai bagaimana belanja online yang tepat dan mendirikan usaha online yang baik. Â Multiply juga berharap untuk dapat berpartisipasi secara aktif dalam pengembangan berbagai regulasi yang berkaitan dengan e-commerce.
Berikut adalah nformasi lebih lanjut mengenai:
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H