Mohon tunggu...
Multiply Indonesia
Multiply Indonesia Mohon Tunggu... -

Multiply Inc. didirikan pada tahun 2004 oleh Peter Pezaris, Michael Gersh dan David Hersh. Dengan kantor pusat di Boca Raton, Florida, Amerika Serikat, Multiply adalah jaringan sosial terbesar kedua di Asia Tenggara, dengan jutaan pengguna di AS, Brazil, India dan banyak lagi. Multiply awalnya menjalankan fungsi utama sebagai jaringan sosial dimana penggunanya berbagi foto, blog, video dan tautan. Dengan berkembangnya waktu, Multiply pun mulai menjalankan fungsi e-commerce. Pada 20 September 2010, sebagian besar saham Multiply.com diakuisisi oleh Naspers Limited (NPSN-JSE), sebuah perusahaan pakar e-commerce di Eropa, Asia, Amerika Latin dan Afrika. PT Multiply Indonesia didirikan pada 15 Desember 2010. Berkantor di Jakarta, kantor Multiply di Indonesia tersebut diproyeksikan akan menjadi kantor kedua terbesar setelah kantor pusat di Florida. Salah satu kekuatan Multiply di Indonesia adalah komunitas kuat yang sudah terbangun. Saat ini, Multiply Indonesia memiliki 43.000 penjual (dengan 2.000 penjual baru tiap bulannya), 2 juta akun terdaftar dan 7 juta kunjungan unik tiap bulannya. PT Multiply Indonesia dipimpin oleh Country Manager Daniel Tumiwa.

Selanjutnya

Tutup

Money

Apa Saja Elemen Penting Platform E-Commerce?

20 Oktober 2011   12:24 Diperbarui: 26 Juni 2015   00:43 523
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Selama beberapa bulan belakangan, perusahaan e-commerce semakin menjamur di Indonesia, baik yang asli Indonesia maupun yang disokong investasi asing.Penjual semakin banyak pilihan dalam menentukan platform apa saja yang ingin digunakan, sementara pembeli juga disuguhi beragam pilihan tujuan belanja.Bila ditelaah, apa saja elemen penting untuk menilai sebuah platform e-commerce?

1.Traffic

Berapa traffic situs tersebut per bulan?

2.Jumlah Penjual

Berapa banyak penjual yang tergabung dalam toko tersebut?

3.Metode Pembayaran (Payment Methods)

Apa saja metode pembayaran yang ditawarkan dan sudah terintegrasi dalam situs tersebut?

4.Perlindungan Pembeli (Buyer Protection)

Saat ini perlindungan pelanggan dalam transaksi online belum terdefinisikan dengan baik, apakah situs e-commerce bersangkutan memberikan program proteksi khusus bagi pembelinya?

5.Edukasi

Kebanyakan masyarakat pengguna Internet di Indonesia belum begitu mengerti bagaimana bertransaksi online secara baik, apakah situs e-commerce bersangkutan turut melakukan program edukasi pembeli?Kebanyakan wirausahawan online Indonesia masih menggunakan situs non e-commerce untuk berjualan, situs seperti apa yang sebaiknya digunakan?

Multiply sudah hadir di Indonesia sejak dirilis tahun 2004.Dikenal terlebih dahulu sebagai situs jaringan sosial dimana penggunanya saling berbagi dan membangun komunitas melalui blog, foto, video dan lain-lain.Ketika penggunanya pun semakin beragam dengan masuknya mereka yang menggunakan Multiply sebagai tempat berdagang, Multiply pun secara perlahan mulai menggarap pasar pengguna tersebut sebelum akhirnya Multiply resmi menjadi perusahaan yang berfokus pada e-commerce pada akhir tahun 2010.Di Indonesia sendiri, Multiply membuka kantor cabangnya pada 15 Desember 2010 dan melansir platform pendukung kegiatan e-commerce yang diberi nama Multiply Commerce.Ketika Multiply Commerce dirilis pada Mei 2011, jagad Multiply.com sudah memiliki 2 juta akun terdaftar, 7 juta pengunjung unik tiap bulannya dan 35.000 penjual (per September 2011, jumlah tersebut sudah naik menjadi 45.000).Para seller di Multiply sangatlah beragam, dari ibu-ibu yang mendirikan usaha dari rumah sambil ngemong anak, pengrajin kertas lipat yang produknya sudah diekspor ke benua lain, hingga brand telekomunikasi besar di Indonesia. Per 19 Oktober 2011, ranking Multiply di Alexa adalah 22.Menurut assessment dari Effective Measure, Multiply.com menduduki posisi ke-17 dari 100 situs paling top di Indonesia.

Fitur yang juga sudah ada dalam Multiply Commerce antara lain: Marketplace (tempat dimana semua listing produk oleh penjual dipertunjukkan), Stock Room (tempat dimana penjual dapat mengunggah listing produk dan memonitor semua transaksi dan kunjungan), Shopping Cart (mempermudah pembeli untuk belanja beragam barang dari beragam toko, lalu membayar sekaligus), Payment Gateway (Multiply sudah dilengkapi metode pembayaran oleh BCA (KlikBCA, ATM, Setor Tunai), Mandiri (ATM) dan PayPal).Ditambah lagi, Multiply menawarkan program Buyer Protection yang melindungi semua pembelian yang dilakukan pada penjual yang memiliki status Trusted Seller.Artinya, bilamana penjual tidak mengantarkan pesanan seperti seharusnya, Multiply akan me-refund uang sang pembeli.

Dalam beberapa kesempatan, Multiply juga secara aktif berpartisipasi dalam mengedukasi masyarakat mengenai bagaimana belanja online yang tepat dan mendirikan usaha online yang baik.  Multiply juga berharap untuk dapat berpartisipasi secara aktif dalam pengembangan berbagai regulasi yang berkaitan dengan e-commerce.

Berikut adalah nformasi lebih lanjut mengenai:

Mendirikan Usaha di Multiply

Berbelanja di Multiply

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun