Mohon tunggu...
Lyfe

Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 Tidak Bertujuan Membuat Prosedur

30 April 2018   11:23 Diperbarui: 30 April 2018   11:30 500
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Prosedur merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi, prosedur adalah alat yang penting untuk mendukung tercapainya tujuan yang sudah direncanakan oleh perusahaan. 

Sistem manajemen mutu sendiri harus dibangun dalam kerangka tujuan. Tujuan adalah hal utama yang harus diperjelas sebelum membangun sistem mutu, dan dari situlah para personil memikirkan bagaimana proses  mencapai tujuan tersebut dapat berjalan secara terkendali agar hasilnya efektif. Salah satu pendekatan dalam pengendalian proses adalah panduan kerja yang jelas. Panduan kerja inilah yang dinamakan prosedur. 

Perlu atau tidaknya suatu prosedur tergantung pada dampak dari proses kegiatan. Jika dampaknya kritis atau karena dipersyaratkan oleh standar maka prosedur diperlukan. Tetapi apabila suatu proses sangat sederhana dan standarpun tidak mensyaratkan maka prosedur tidak diperlukan.

Jangan melakukan sesuatu yang tidak bermanfaat, tidak semua proses memerlukan prosedur, karena itu alangkah baiknya ketika hendak membuat prosedur, para personil merundingkan terlebih dahulu apakah suatu proses harus memakai prosedur atau tidak.

Sumber : Buku "101 Kesalahan Konsepsi - Pengembangan dan Implementasi Sistem Manajemen Mutu Standar Internasional ISO 9001" By WIlly Susilo

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun