Komitmen top management diperlukan saat menjalankan sistem manjemen mutu. Komitmen tidak bisa didelegasikan. Komitmen adalah sikap supportive yang melekat pada diri pimpinan yang mengandung dua unsur yaitu konsistensi dan konsekuensi.
Perusahaan harus membuktikan komitmennya yang sesuai persyaratan standar ISO 9001 yaitu :
1. Melakukan tinjauan manajemen dan menyediakan sumberdaya
2. Menetapkan kebijakan mutu
3. Mengkomunikasikan pada karyawan tentang pentingnya kepuasan pelanggan dan ketaatan terhadap persyaratan
4. Melakukan perbaikan terus menerus
5. Mengembangkan sistem manajemen mutu
Pucuk pimpinan harus sudah memainkan perannya dari sejak tahap persiapan. Keterlibatan top management tetap saja diperlukan walaupun perusahaan menyewa tenaga konsultan. Keputusan mengenai substansi sistem tidak bisa diserahkan kepada siapapun apalagi kepada personil yang tidak memiliki kapasitas untuk itu. Top management harus dilibtkan mulai dari rancangan sistem, implementasi dan penyempurnaan sistem yang tidak akan pernah selesai.
Sumber : Buku "101 Kesalahan Konsepsi - Pengembangan dan Implementasi Sistem Manajemen Mutu Standar Internasional ISO 9001" By WIlly Susilo
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H