Baik secara internal maupun eksternal, perubahan akan terus terjadi, artinya setelah memperoleh sertifikat, masalah mutu tidaklah selesai.Â
Menjalankan program mutu, tidak akan berhasil bila semangat para personil kendur setelah sertifikasi, penyebabnya sendiri bisa karena dangkalnya pemahaman para personil perusahaan terhadap konsep manajemen mutu, atau bisa juga karena kejenuhan akibat dari program mutu yang monoton.Â
Untuk mengembalikan semangat para personil, pimpinan harus selalu memberikan pemahaman kpd para personil, wakil manajemen juga harus giat menyelenggarakan forum apresiasi yang diisi dengan berbagai event, misalnya pemilihan pemasok terbaik, pemilihan auditor teladan, pemilihan karyawan berprestasi dsb.
Selain itu, meningkatkan kapasitas kepemimpinan dan keteladanan juga perlu, karena bila pimpinan lesu maka bawahan kan ikut lesu, jadi kobarkanlah semangat atasan sebelum mengobarkan semangat bawahan.
Sumber : Buku "101 Kesalahan Konsepsi - Pengembangan dan Implementasi Sistem Manajemen Mutu Standar Internasional ISO 9001" By WIlly Susilo
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H