Karena mutu adalah masalah lintas fungsi, maka seluruh personil harus terlibat dalam mewujudkannya, bagian umum pun juga termasuk, contohnya nya menegenai kebersihan pada industri makanan, rumah sakit, industri obat-obatan adalah termasuk aspek kritis yang harus secara baik kita kendalikan, karena itu semua terkait langsung dengan mutu dan kepuasan pelanggan.Â
Semua bagian memiliki pengaruh dalam mempengaruhi mutu dan kepuasan pelanggan. Baik secara langsung ataupun tidak langsung semuanya terkait satu sama lain. Maka dari itu perusahaan jangan membatasi penerapan sistem mutu hanya pada unit-unit tertentu saja, karena semua unit memiliki kontribusi dalam membangun perubahan secara keseluruhan bagi perusahaan.
Sumber : Buku "101 Kesalahan Konsepsi - Pengembangan dan Implementasi Sistem Manajemen Mutu Standar Internasional ISO 9001" By WIlly Susilo
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H