Mohon tunggu...
Humaniora

Perusahaan Menumpukan Harapan pada Badan Sertifikasi untuk Perbaikan Kinerja Bisnis

12 April 2018   13:32 Diperbarui: 12 April 2018   13:49 221
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Badan sertifikasi tidak memiliki tanggung jawab untuk membantu meningkatkan kinerja bisnis. Assessor badan sertifikasi tidak disiapkan untuk itu dan juga itu diluar tanggung jawab mereka. Dan kalaupun mereka mau, apakah mereka mengetahui seluk beluk proses dalam perusahaan? Assessor menekankan audit pada compliance audit, mereka memeriksa apa seluruh persyaratan standar sudah dipenuhi? jika belum maka akan jadi temuan dan perusahaan harus mengoreksi penyimpangan tersebut.

Sikap baik yang harus dimiliki oleh perusahaan terhadap badan sertifikasi salah satunya adalah untuk mengganggap badan sertifikasi tidak ada. Jadi berfikir soal pencabutan sertifikat itu tidak penting, perusahaan lebih baik berfokus pada bagaimana perusahaan mengamankan bisnis dan menggali nilai tambah secara kreatif dalam kerangka sistem manajemen mutu ISO 9001 melalui audit internal.

Sumber : Buku "101 Kesalahan Konsepsi - Pengembangan dan Implementasi Sistem Manajemen Mutu Standar Internasional ISO 9001" By WIlly Susilo

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun