Mohon tunggu...
Humaniora

Sertifikat Bukan Tujuan Utama Manajemen Mutu

28 Maret 2018   15:15 Diperbarui: 28 Maret 2018   15:27 138
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Untuk mencapai keberhasilan, kita harus mempunyai sasara,, begitu pula dalam mengadopsi ISO 9001, kita harus punya tujuan yang jelas, yang tertarget, sehingga kita bisa mengerahkan sumberdaya secara fokus.

Sertifikat bisa dianggap suatu keberhasilan, tetapi jika setelah mendapat sertifikat tp perusahaan masih tidak memperhatikan persyaratan pelanggan, makan menjadikan sertifikat sebagai tujuan akhir tidaklah terlalu tepat.

Saat mendapatkan sertifikat itu artinya perusahaan memasuki langkah pertama ke era sistem manajemen mutu standar internasional. 

Perusahaan yang menerapkan standar ISO akan melakukan perjalanan yang panjang dan tak berujung, karena konsepsi mutu bukanlah kesempurnaan, melainkan perbaikan terus menerus. Tuntutan pasar dan persepsi pelanggan yang berubah-ubah dan tidak statis mengakibatkan ISO 9001 harus mengikuti dinamika pasar dan persepsi pelanggan.

Sumber : Buku "101 Kesalahan Konsepsi - Pengembangan dan Implementasi Sistem Manajemen Mutu Standar Internasional ISO 9001"

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun