Mohon tunggu...
Mulki Ahmad Sobari
Mulki Ahmad Sobari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa di UIN Sunan Gunung Djati Bandung

saya adalah seorang mahasiswa yang memiliki hobi traveling

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Sang Pencetus Diagram Fishbone: Kaoru Ishikawa

2 April 2024   17:44 Diperbarui: 2 April 2024   17:46 62
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Kaoru Ishikawa lahir di Tokyo sebagai anak tertua dari delapan bersaudara Ichiro Ishikawa.Ia lulus dari Universitas Tokyo pada tahun 1937 dengan gelar di bidang teknik kimia terapan. Setelah lulus dari universitas, ia menjabat sebagai insinyur angkatan laut dari tahun 1939 hingga 1941. Dari tahun 1941 hingga 1947, Ishikawa bekerja di Perusahaa

Perjalan Hidup

Pada tahun 1949, Bapak Ishikawa bergabung dengan Persatuan Sains dan Teknologi Jepang (JUSE), sebuah organisasi yang didirikan untuk mempromosikan penelitian sistematis yang diperlukan untuk merevitalisasi perekonomian.di Jepang. Setelah Perang Dunia II, Jepang mencapai pertumbuhan ekonomi yang pesat dan berkelanjutan.Hal ini dicapai terutama melalui pesatnya perkembangan manufaktur dan industri. Sebelum keajaiban ekonomi Jepang, Amerika Serikat memandang Jepang sebagai pembuat mainan murah dan kamera berkualitas rendah.Hal ini berkat keahlian Ishikawa dalam memobilisasi kelompok besar orang menuju tujuan bersama tertentu, yang memainkan peran utama dalam upaya peningkatan kualitas di Jepang.Dia menerjemahkan, mengintegrasikan, dan memperluas konsep manajemen W.Edwards Deming dan Joseph M.Juran ke dalam sistem Jepang.Ishikawa menggunakan konsep ini untuk mendefinisikan bagaimana perbaikan berkelanjutan (kaizen) dapat diterapkan pada suatu proses ketika semua variabel diketahui.Setelah menjadi profesor penuh di fakultas teknik Universitas Tokyo (1960), Ishikawa memperkenalkan konsep lingkaran kualitas (1962) bersama dengan JUSE.

Konsep ini dimulai sebagai eksperimen untuk mempelajari pengaruh "pemrakarsa" (genbacho) terhadap kualitas. Ini merupakan perluasan alami dari bentuk pelatihan ini ke seluruh tingkat organisasi (manajer senior dan menengah  dilatih). Meskipun banyak perusahaan diundang untuk berpartisipasi, hanya satu perusahaan, Nippon Telegraph and Telephone Corporation, yang menerima partisipasi pada saat itu. Lingkaran mutu segera menjadi sangat populer dan membentuk hubungan penting dalam sistem manajemen mutu perusahaan secara keseluruhan. Bapak Ishikawa telah menulis dua buku tentang lingkaran kualitas (QC Circle Koryo dan Cara Mengelola Kegiatan Lingkaran QC). Menurut Quality Digest, salah satu upayanya untuk meningkatkan kualitas adalah Konferensi Pengendalian Mutu  Manajemen Puncak Tahunan (1963) dan beberapa buku tentang pengendalian mutu, termasuk Panduan Pengendalian Mutu (1968), yang mencakup grafik Pareto, (termasuk

contoh pertama yang diterbitkan ). [3] ) Ia menjabat sebagai Pemimpin Redaksi Pengendalian Mutu Statistik Bulanan. Bapak Ishikawa terlibat dalam kegiatan standardisasi internasional. Pada tahun 1982, diagram Ishikawa dikembangkan untuk mengidentifikasi akar penyebab permasalahan.

Kaoru Ishikawa sangat memperhatikan paradigma dan cara berpikir orang dalam bekerja. Ia ingin mengubah pola pikir tradisional yang usang. Ia mendorong manajer untuk terpaku hanya kepada meningkatkan kualitas produk, lalu selesai. Menurutnya, quality improvement adalah langkah-langkah yang berkelanjutan dan harus selalu dilakukan. Gagasannya mengenai quality control di seluruh sendi perusahaan terwujud menjadi kebijakan pelayanan pelanggan yang berkelanjutan. Kebijakan tersebut memberikan keuntungan kepada pelanggan, dimana mereka tidak berhenti menerima pelayanan setelah menerima produk. Pelayanan akan terus diberikan dari semua level manajemen, dan bahkan hingga kepada kehidupan pribadi dari semua orang yang terlibat. Menurut Ishikawa, quality improvement adalah proses yang berkelanjutan dan harus selalu dijalankan selangkah demi selangkah lebih maju.

Fishbone Diagram

Kaoru Ishikawa adalah pencetus diagram tulang ikan atau dikenal juga dengan diagram Ishikawa. Diagram ini menjelaskan penyebab peristiwa tertentu dan pertama kali dikembangkan pada tahun 1968. Fungsinya  untuk mengidentifikasi faktor-faktor potensial yang menimbulkan dampak berupa cacat dan permasalahan lainnya. Setiap penyebab masalah menimbulkan variasi. Penyebab-penyebab ini umumnya terbagi dalam enam kategori: manusia, metodologi, mekanis, material, pengukuran, dan lingkungan. Konsep dasar diagram tulang ikan sebenarnya pertama kali digunakan pada tahun 1920an dan menjadi salah satu dari tujuh alat dasar pengendalian kualitas. Disebut demikian karena bentuknya yang menyerupai tulang ikan, dan sering digunakan pada tahap desain produk dan untuk mencegah cacat kualitas produk. Dengan Diagram Tulang Ikan, Ishikawa telah mengambil langkah penting dan konkrit dalam bidang peningkatan kualitas.

Dengan menggunakan diagram ini, pengguna dapat mengidentifikasi semua kemungkinan penyebab  suatu hasil dan  menemukan sumber masalah yang menyebabkan cacat proses. Diagram ini menunjukkan jalur menuju akar permasalahan dan memberikan solusi untuk meningkatkan kualitas  dari akar hingga ke permukaan. Salah satu rekan Ishikawa, Dr. W. Edwards Deming,  mengadopsi diagram ini dan mengajarkannya sebagai  bagian dari konsep manajemen kualitas total di Jepang pada tahun-tahun awal Perang Dunia II. Diagram Fishbond telah dikenal sebagai salah satu alat pertama dalam proses pengendalian kualitas. Mazda Motors menggunakan  Ishikawa Zu saat mengembangkan konsep mobil sport Miata, dan kemudian menciptakan konsep "jinba ittai", yang berarti kuda dan penunggangnya adalah satu.

Warisan Penting Ishikawa

Selain membuat diagram tulang ikan, Pak Ishikawa juga memberikan  warisan kualitas yang banyak digunakan saat ini. Singkatnya, kami menekankan pentingnya menggunakan tujuh alat kualitas: diagram kendali, diagram kinerja, histogram, plot sebar, diagram Pareto, dan diagram alur. Bapak Ishikawa percaya akan pentingnya dukungan dan  kepemimpinan dari manajemen tingkat atas. Karena tanpa dukungan kepemimpinan, program apapun pasti akan gagal. Bapak Ishikawa menekankan bahwa mewujudkan potensi kesuksesan penuh perusahaan memerlukan komitmen dari seluruh hierarki perusahaan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun