Jum'at tanggal 23 Juni 2023 di adakannya musyawarah besar yang biasa disebut dengan mubes oleh seluruh mahasiswa Ilmu Komunikasi di Universitas Islam 45 Bekasi. Dalam musyawarah besar saat ini mengakat judul berupa "Meningkatkan Sinergi dan Mewujudkan Jiwa Perubahan Mahasiswa Ilmu Komunikasi". Banyak hal yang menjadi bahasan dalam mubes kali ini salah satu hal utamanya adalah pembahasan mengenai organisasi.
Seiring perkembangan zaman organisasi dari waktu-kewaktu terus mengalami perubahan. Perkembangan organisasi terpacu pada beberapa serangkaian seperti perubahan yang terjadi dalam struktur, proses, budaya dan kinerja suatu organisasi seiring berjalannya waktu. Dalam hal ini membutuhkan penyesuaian dan perubahan dalam organisasi agar tetap relevan, beradaptasi dengan adanya perubahan lingkungan serta mencapai tujuan organisasional yang telah di tetapkan.
Perkembangan organisasi  melibatkan beberapa macam aspek diantaranya yaitu struktur organisasi. Dalam struktur organisasi melibatkan perubahan dalam tata kelola, hierarki, departemen dan hubungan antar bagian. Hal ini dapat melibatkan pengenalan unit baru, restrukturisasi atau bahkan penghapusan unit yang tidak relevan. Dalam hal ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, fleksibilitas, serta kolaborasi dalam organisasi.
Musyawarah besar atau mubes kali ini sempat terlitas berkeinginan untuk mengganti nama divisi, penghapusan divisi dan penggabungan divisi. Tetapi untuk tindaklanjutnya akan dibahas ketika rapat kerja berlangsung dan tentu harus mempertimbangkan segala pemikiran untuk kedepannya. Ada usulan untuk menggantikan nama divisi dengan menggunakan Bahasa Inggris namun akan lebih baik menggunakan bahasa Indonesia terlebih kita adalah bagian dari masyarakat Indonesia. Bahkan isi sumpah pemuda yang ketiganya berbunyi "Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan Bahasa Indonesia".
Budaya organisasi, Pengembangan budaya organisasi melibatkan perubahan nilai, norma, dan keyakinan yang memengaruhi perilaku dan sikap anggota. Organisasi dapat berupaya memperkuat budaya yang mendukung kolaborasi, inovasi adaptif, atau perubahan positif. Sistem dan proses mengembangkan sistem dan proses termasuk meningkatkan efisiensi operasional, memperbarui teknologi informasi, mengembangkan metode kerja yang lebih baik dan menerapkan praktik terbaik. Tujuannya adalah untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas. Sistem organisasi memiliki sistem yang perlu pemutakhiran terutama dalam penyebaran informasi. Himikom dianggap kurang memberikan informasi. Jika ada acara, sebaiknya sosialisasi terkait acara tersebut dilakukan secara langsung. Namun sosialisasi langsung masih menjadi pekerjaan rumah di Himikom.
Kinerja dan pertumbuhan, pengembangan organisasi juga mencakup peningkatan kinerja dan pertumbuhan yang berkelanjutan. Ini mungkin berarti meningkatkan profitabilitas, meningkatkan pangsa pasar, mengembangkan produk atau layanan baru, atau melakukan diversifikasi ke pasar yang berbeda. Organisasi berusaha untuk mendapatkan keunggulan kompetitif dan mencapai keberlanjutan jangka panjang.
Pengembangan karyawan, pengembangan organisasi juga mencakup pengembangan staf melalui pelatihan, pengembangan kompetensi, pemilihan talenta dan program penghargaan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan motivasi anggota serta membangun tim yang kuat dan kompeten. Himikon sendiri juga memberikan pelatihan organisasi di sebuah acara bernama Amzing Communication Family yang biasa dikenal dengan ACF.
Di ACF ini banyak sekali pelatihan-pelatihan dalam organisasi, seperti korespondensi, dll. ACF juga ada untuk melatih pola pikir para anggota, bagaimana memimpin sebuah tim, bagaimana menyelesaikan masalah dalam tim dan lain-lain.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H