Mohon tunggu...
Mukmin
Mukmin Mohon Tunggu... Jurnalis - Jurnalis
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Selalu bersyukur, berjuang, dan tetap optimis maju ke depan.

Selanjutnya

Tutup

Bola

Kalah Terus, Persebaya Istirahatkan Aji Santoso

5 Agustus 2023   13:00 Diperbarui: 5 Agustus 2023   13:06 152
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Aji Santoso. Foto: MPI

Pada pekan keenam Liga 1 musim 2023-2024, Persebaya Surabaya menelan kekalahan atas tamunya, Persikabo 1973, dengan skor 1-2. Dua gol dari Jose Varela dan Rizki Hidayat mengubur impian Persebaya untuk memperbaiki performa setelah hasil buruk di lima laga sebelumnya.

Aji Santoso, pelatih Persebaya Surabaya, memberikan alasan atas kekalahan timnya dengan menyatakan bahwa ia terpaksa menurunkan komposisi darurat. Beberapa pemain absen karena cedera, sehingga ia harus melakukan eksperimen dalam susunan tim.

"Yang jelas, hari ini kami kalah 1-2 dari Persikabo, tetapi saya tetap mengucapkan terima kasih kepada para pemain saya. Dalam situasi sulit seperti ini, ada beberapa pemain yang tidak bisa bermain, sehingga kami terpaksa menggunakan komposisi darurat," ucap Aji Santoso usai pertandingan pada Jumat petang (4/8/2023).

Pelatih kelahiran Malang ini juga menegaskan kesiapannya untuk bertanggung jawab sepenuhnya atas kekalahan yang dialami oleh Bajul Ijo (julukan Persebaya). Ia menolak mencari alasan dan meminta suporter tidak menyalahkan para pemain atas hasil buruk tersebut.

"Saya tidak ingin mencari kambing hitam. Ini adalah tanggung jawab saya sepenuhnya, saya tetap mengapresiasi para pemain saya. Biar cepat selesai, ini adalah kesalahan saya bukan milik pemain lain, dan tidak perlu menyalahkan siapa pun, toh ini tanggung jawab saya," ucap Aji dengan tegas.

Menanggapi hasil buruk dalam lima laga terakhir, manajemen Persebaya memutuskan untuk memberikan istirahat kepada Aji. Pelatih kelahiran Kepanjen, Malang ini akan digantikan sementara oleh Uston Nawawi yang akan menangani tim dalam laga melawan Bhayangkara FC.

"Sekali lagi, saya mempercayakan keputusan ini sepenuhnya kepada manajemen, dan saya menerimanya dengan lapang dada," tambah Aji.

Diketahui bahwa Persebaya mengalami tren negatif dengan tiga hasil buruk dalam tiga laga kandang terakhir. Setelah dua hasil imbang melawan Barito Putera dan RANS Nusantara FC, serta satu kekalahan dari Persikabo pada Jumat sore (4/8/2023), posisi Persebaya melorot ke peringkat 16 dalam klasemen sementara, hanya berjarak satu garis di atas zona degradasi.

Sejauh ini, Persebaya baru mengumpulkan lima poin dari satu kemenangan saat melawan Persis Solo, dua hasil imbang, serta tiga kekalahan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun