Oleh Mukhamad Abthal
Secara sederhana, brand adalah sejenis merek produk dan identik dengan logo perusahaan. Brand atau branding memiliki peranan penting dalam bisnis perusahaan, fungsi branding secara mendasar yakni untuk menanamkan image dan citra perusahaan kepada masyarakat dan calon konsumen untuk jangka waktu yang lama.Â
Dalam dunia bisnis, ada ribuan bahkan jutaan orang memiliki produk yang sejenis dengan produk kamu. Brand berperan sebagai identitas untuk membedakan produk yang kamu miliki dengan para pebisnis lain. Untuk memudahkan pemahaman kamu tentang branding, disini akan dibahas pengetahuan mengenai branding lewat pengertian, unsur, jenis dan tujuan  yang perlu kamu ketahui,
Pengertian Branding
Branding berasal dari kata brand yang dalam bahasa Indonesia artinya merek. Namun dalam kegiatannya, kata brand dan branding memiliki makna yang berbeda. Jika brand adalah merek, maka branding adalah berbagai kegiatan komunikasi yang berhubungan dengan bisnis sebuah produk memiliki tujuan untuk meningkatkan nilai jual barang melalui sebuah brand.
Penting untuk perusahaan membangun sebuah brand dalam sebuah bisnis. Karena, brand yang kuat dapat dengan mudah dikenal masyarakat.Â
Unsur-Unsur Branding
Karena brand adalah merek dan identitas perusahaan. Maka dalam proses branding ini kamu perlu mengetahui unsur apa saja yang harus disertakan pada sebuah branding. berikut unsur-unsur yang harus dipenuhi,
Nama Merek, nama adalah hal pertama yang harus dipenuhi jika kamu merencanakan sebuah branding. Tanpa nama, produk tidak akan memiliki identitas khusus yang dapat diketahui oleh masyarakat atau calon konsumen kamu.
Logo, logo memiliki peran penting dalam sebuah branding, pembuatan logo harus menyesuaikan image produk. Logo yang unik cenderung dapat memikat calon konsumen disamping penamaan yang menarik.
Tampilan Visual, tampilan visual dapat diaplikasikan pada beberapa penampilan secara keseluruhan seperti desain produk, desain kemasan dan lain sebagainya. Penggunaan warna-warna yang menarik dan elegan akan menambah citra sebuah produk.
Kata-kata Menarik, kata-kata yang menarik biasanya bersifat mengajak, dimana seorang pelaku usaha mengajak calon konsumennya untuk mengenal lebih dalam brand mereka melalui kata-kata yang unik dan bijak.