Mohon tunggu...
Muhyiddin Muayyad
Muhyiddin Muayyad Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - Orthotis Prosthetis

Seorang Orthotis Prosthetis juga Biomedical engineer.

Selanjutnya

Tutup

Travel Story

KAI Commuter: Solusi Cerdas Teman Bolak-Balik Solo-Jogja

3 September 2023   22:22 Diperbarui: 3 September 2023   22:26 174
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: Dok. Pribadi

Ketika saya memutuskan untuk melanjutkan studi S2 di Yogyakarta, banyak pertimbangan yang harus saya pikirkan. Salah satunya adalah bagaimana saya akan mengatasi tantangan jarak antara kota tempat saya tinggal dan bekerja, yaitu Solo, dengan Jogja, tempat universitas saya berada. Perjalanan antara kedua kota ini, yang memiliki jarak sekitar 65 km, menghadirkan beberapa tantangan, seperti jarak yang jauh, kemacetan lalu lintas, ketidakpastian waktu, kerusakan jalan, keamanan, dan polusi. Namun, berkat hadirnya KAI Commuter Solo-Jogja pada tahun 2021, saya menemukan solusi yang tepat untuk perjalanan saya.  Dalam artikel ini, saya akan berbagi pengalaman mengapa KAI Commuter menjadi solusi cerdas teman bolak-balik Solo-Jogja selama studi S2 saya.

Murah: Mengatasi Tantangan Keuangan 

Salah satu alasan utama saya memilih KAI Commuter adalah biaya perjalanan yang terjangkau, cukup Rp8.000,- sekali jalan. Bagi saya seorang mahasiswa S2 yang bekerja paruh waktu, menghemat uang sebanyak mungkin merupakan hal penting bagi saya. Biaya untuk naik KAI Commuter jauh lebih murah daripada tiket kereta api antarkota atau transportasi lainnya. Hal tersebut memungkinkan saya untuk mengalokasikan anggaran saya dengan lebih baik, terutama untuk kebutuhan kuliah dan hidup sehari-hari.

Cepat: Pilihan yang Efisien

Kecepatan adalah faktor penting dalam perjalanan bolak-balik seperti yang saya lakukan. Dengan KAI Commuter, perjalanan saya menjadi jauh lebih cepat daripada menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum lainnya. Dengan rute yang sudah ditentukan, saya tidak perlu khawatir tentang kemacetan atau jalan yang rusak. Saat saya menaiki KAI Commuter untuk pertama kalinya, saya merasa sangat terkejut oleh seberapa cepatnya KAI Commuter ini. Hanya dalam waktu 1 jam, saya bisa tiba di Jogja dari Solo, atau sebaliknya. Selain itu, kepastian dan ketepatan waktu keberangkatan yang konsisten membuat saya dapat merencanakan perjalanan saya dengan baik. Sehingga hal tersebut memberi saya lebih banyak waktu untuk fokus pada studi maupun pekerjaan saya.

Aman: Ketentraman dalam Perjalanan

Keselamatan selalu menjadi prioritas utama dalam perjalanan. KAI Commuter memiliki sistem keamanan yang canggih, selalu menjaga standar keselamatan yang ketat, adanya pengumuman dan informasi yang jelas mengenai tata tertib dan protokol keamanan yang harus diikuti oleh penumpang, serta petugas KAI Commuter selalu siap memberikan bantuan jika diperlukan. Sehingga dengan KAI Commuter, saya merasa lebih tenang dan aman selama perjalanan walaupun bepergian sendirian.

Nyaman: Menjadi Produktif dalam Perjalanan

Kenyamanan merupakan aspek lain yang sangat saya hargai dari pengalaman naik KAI Commuter. Saya sering menggunakan waktu perjalanan untuk membaca, menyiapkan materi kuliah, mencari inspirasi merencanakan proyek-proyek pekerjaan, atau sekadar untuk beristirahat. Kursi yang nyaman, suasana yang tenang dan pendingin udara yang efektif membuat perjalanan dengan KAI Commuter menjadi waktu yang produktif.

Petualangan Bolak-Balik Solo-Jogja

Perjalanan bolak-balik antara Solo dan Jogja dengan KAI Commuter bukan hanya tentang pergi lalu pulang. Ini juga merupakan kesempatan untuk menjelajahi kota bersaudara ini lebih dalam. Ketika saya memiliki waktu luang, saya seringkali mencoba makanan lokal atau menjelajahi Malioboro di Jogja. KAI Commuter memungkinkan saya untuk merencanakan perjalanan saya dengan lebih fleksibel. Saya bisa memilih jadwal yang sesuai dengan kebutuhan saya, apakah itu untuk studi, pekerjaan, atau sekadar bersantai di kota yang berbeda. Ini adalah salah satu aspek positif lainnya dari menggunakan KAI Commuter.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun