Mohon tunggu...
Muh Randy
Muh Randy Mohon Tunggu... Programmer - Universitas Halu Oleo

Suka IT

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Matriks dan Grafis ? Apa Hubungannya?

16 Mei 2024   18:32 Diperbarui: 16 Mei 2024   18:36 68
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saat kita mengingat apa itu aljabar linear, pasti yang terpintas di pikiran adalah sebuah matriks. Tau kah kamu, matriks dalam dunia teknologi memberi pengaruh yang sangat besar, bahkan dalam kehidupan kita sehari hari.

Matriks terdiri dari baris dan kolom yang di mana berisi angka atau data, dimensi matriks atau biasa di sebut dengan Ordo sering dinyatakan dengan m baris dan n kolom, sehingga dalam penulisan nya matriks ber Ordo 3x3, 2x3, dan sebagainya.


Matriks dalam grafis 

           Seorang ahli IT melihat sebuah matriks akan membayangkan seperti sebuah kolom yang mewakili sebuah grafis, apa itu grafis? simpelnya grafis adalah sebuah pemrosesan data untuk memunculkan gambar. Matriks yang memiliki dimensi dapat mewakili titik titik warna sehingga dapat menghasilkan suatu gambar melalui hardware.

           Bayangkan gadget yang sering anda gunakan seperti laptop atau komputer memiliki struktur matriks di layar monitor nya, nah dalam menampilkan gambar di layar handphone ataupun laptop, algoritma yang digunakan adalah matriks.

dokpri
dokpri

Seperti pada gambar di atas, kotak kotak tersebut mewakili nilai pada matriks, seperti pada gambar di awal, kotak kotak tersebut mewakili a11,a12,a13 dst. Besaran matriks tersebut juga diwakili oleh jumlah piksel yang ada pada layar monitor, misalnya pada laptop modern jaman sekarang, kebanyakan memiliki jumlah piksel 1280 x 720, artinya dalam laptop tersebut terdapat matriks yang memiliki baris sebanyak 1280 dan memiliki kolom sebanyak 720.

 Dengan begini kita makin tahu, apa hubungan aljabar linear dalam teknologi, salah satu penerapan nya yaitu pada grafis. Di zaman sekarang dalam memproses suatu gambar, kita tidak memerlukan cara konvensional lagi, melainkan hanya dengan menggunakan teknologi, kita dapat memproses suatu gambar yang memukau. Hingga saat ini, teknologi ini memengaruhi berbagai sektor teknologi seperti desain grafis, game, render, dan masih banyak lagi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun