Saya muhammad fikri bersekolah di SMA NEGERI 16 BEKASI . di SMA 16 saya masuk kelas X iis 3 . saat pertama saya belajar sosiologi itu hari jum’at . di hari itu saya berangkat sekolah dengan teman saya , sesampai di sekolah saya langsung ke kelas , waktu itu kelas saya di mushola , dan pelajaran pertaman adalah sosiologi , pas saya masuk ternyata guru sosiologi nya belum masuk kelas. Guru sosiologi saya bernama Pak WAHYU , sebelum saya mengenal pak wahyu kata teman saya di beritahu bahwa ia adalah guru sosiologi yang mengajar kelas X .
Saat jam menunjukan jam 7:10 pak wahyu pun datang, kami semua berdo’a dan memberi salam , sebelum hari jum’at ini kemarin pak wahyu masuk ke kelas saya dan memberi tugas . dan setelah berdo’a pak wahyu pun menjelaskan materi pada hari ini , dan pak wahyu pun menjelaskan , setelah menjelaskan materi pak wahyu memeriksa tugas yang kemarin di beri pada X iis 3 , dan yang dipanggil harus maju . setelah memeriksa tugas jam pelajaran tinggal sedikit lagi, pak wahyu menyuruh murid yang laki-laki menyebutkan nama teman wanita yang ditunjuk , jika tidak tahu namanya di suruh kenalan.
Setelah itu pak wahyu memberi tugas yaitu menulis pengalaman pertam a masuk SMA , ditulis tangan 3 lembar bolak-balik.
Dan minggu ke-2 saya belajar sosiologi , saya masuk kelas dan disuruh buat kelompok maksimal 8 orang , kelompok saya adalah bimo, jimi, angga, ismail, maulana, saya ,zulfahmi, dan alfian . kami di beri tugas untuk mencatat motor yang tidak pakai kaca spion , yang tidak pakai helm dan yang plat nomernya mati , dan jumlah motor yang ada di parkiran . kami semua membagi tugas masing-masing . saya dan zulfahmi menghitung motor yang tidak ada kaca spionnya . jika semua yang kami hitung salam kami di suruh ulang dari awal lagi , kami di perbolehkan membeli minum , waktu kami sedang menghitung ternyata salah dan kami pun mengulang lagi . dan ketika sudah selesai kami disuruh masuk kelas dan tugas yang kemarin diberi pak wahyu di kumpulkan.
Minggu ke-3 saya belajar sosiologi saya terlambat masuk kelas karena saya dan kelompok yang kemarin menghitung motor sedang mencetak foto motor yang kemarin , dan saya dan teman-teman saya yang terlambat disuruh pak wahyu jumping jump 20 kali harus sama gerakannya satu sama lain , jika tidak sama disuruh ulang lagi . dan setelah kami jumping jump kami disuruh duduk, dan pak wahyu menjelaskan materi maetri yang akan diberinya hari ini , materi hari ini adalah tentang fakta sosial dan tindakan sosial . setelah menjelaskan materi , pak wahyu memberi pertanyaan pada kami semua yang ditunjuk harus memberi jawabannya yang tidak bisa di suruh jumping jump 20 kali . teman yang duduk di sebelah saya di tunjuk , dan di tidak bisa menjawab dan dia di suruh jumping jump 20 kali , setelah itu saya tunjuk pak wahyu untuk menjawab tetapi untuk saja saya bisa menjawab jadi saya tidak disuruh jumping jump, setelah jam pelajran telah selesai , pak wahyu memberi tugas untuk mereview fakta sosial menurut emile durkheim dan tindakan sosial menurut max weber , dan pak wahyu memberitahu bahwa minggu depan ada ulangan harian.
Minggu ke-4 saya belajar sosiologi, dihari ini akan ada ulangan sosiologi, kami disuruh menulis soalnya di kertas lembar . di ulangan ini kami diperbolehkan membuka buku dan bahkan boleh juga membuka handphone . walaupun sudah melihat buku dan handphone jawabannya masih saja tidak ada . dan pak wahyu menilai tugas yang kemarin diberikan dan memasukan ke buku nilai , kami diberi waktu 90 menit untuk mengerjakannya , setelah sudah selesai semua ulangannya dikumpulkan dan kami diperbolehkan istirahat.
Minggu berikutnya sayabelajar sosiologi , saat itu saya masuk siang karena ada pembangunan kelas , saya masuk jam 1 siang sesudah sholat jum’at . saat itu pak wahyu tidak masuk kelas karena ada rapat pramuka . dan jam pelajarn sosiologi x iis 3 juga bentrok dengan kelas XI . jadi kami hanya diberi tugas untuk me review , kami mereview tentang konsep individu , individu berasal dari bahasa yunani , yaitu individium yang artinya tidak terbagi , dan dapat di simpulkan individu adalah manusia yang memiliki peranan khas/spesifik dalam kepribadiaannya. Dan kami juga mereview tentang kelompok sosial , kelompok sosial adalah suatu kumpulan orang –orang yang mempunyai hubungan dan saling berinteraski satu sama lain dan dapat mengakibatkan timbulnya perasaan bersama . setelah kami me review dan jam pelajaran sosiologi sudah habis , kami istirahat .
Minggu berikutnya saat kelas x iis 3 tidak belajar sosiologi karena hari jum’at dan sabtu kelas x akan melaksanakan kegiatan KP3.
Dan minggu berikutnya saat saya masuk kelas pak wahyu masih bekum masuk kelas , dan ketua kelas memanggil , ternyata pak wahyu sedang mengajar di kelas XI . dan kami pun menuggu pak wahyu . saat jam pelajaran sosiologi mau habis pak wahyu pun datang memberi tugas mereview hubungan sosial dan interaksi sosial ,setelah kami mereview pak wahyu memberi tugas untuk menulis kesan dan pesan belajar sosiologi ditulis tangan 2 lembar bolak – balik atau 4 halaman.
Setelah itu jam pelajaran sosiologi sudah habis dan kami menuggu jam istirahat. Itulah pesan dan kesan belajar sosiologi .
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H