Mohon tunggu...
Muhhamad Rifaiq
Muhhamad Rifaiq Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya mahasiswa aktif di Universitas Negeri Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penerapan Pancasila sebagai Nilai Etika pada Kehidupan Mahasiswa

11 Desember 2023   23:35 Diperbarui: 12 Desember 2023   02:00 36
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Hariku dimulai dengan bangun tidur pada pukul 04.00 pagi. Setelah bangun tidur saya segera merapihkan tempat tidur dan lainnya. Setelah itu saya bergegas mengambil wudhu, mengambil wudhu ini termasuk ke dalam nilai etika sila kesatu. Setelah mengambil wudhu saya langsung jalan menuju mushalah guna menunaikan ibadah shalat shubuh berjamah, shalat shubuh berjamaah ini termasuk ke dalam nilai etika sila kesatu. Setelah shalat jamaah selesai saya berdoa terlebih dahulu, berdoa ini termasuk ke dalam nilai etika sila kesatu. Setelah berdoa selesai saya langsung bergegas untuk kembali ke rumah. 

Sesampainya saya di rumah saya merapihkan seluruh pakaian ibadah saya ke dalam keranjang pakaian dan sekaligus menyiapkan peralatan untuk perkuliahan. Setelah merapihkan itu semua saya melanjutkan untuk bersantai sejenak dan pada pukul 06.10 saya mengantar adik saya untuk berangkat ke sekolahnya, mengantar adik ini termasu ke dalam nilai etika sila kesatu dan kedua. Saya tiba di rumah kembali pada pukul 06.25, saya bersantai kembali kurang lebih sekitar 15 menit, setelah itu saya sarapan terlebih dahulu hingga pukul 07.00. Pada pukul 07.05 saya mandi untuk bersiap melakukan perkuliahan dan bersiap siap untuk berangkat ke kampus. 

Saya selesai bersiap diri pada pukul 07.30 dan selepas bersiap diri saya langsung mengantar ibu saya ke pasar sekaligus saya berangkat ke kampus, mengantar ibu ini termasuk ke dalam nilai etika sila kesatu dan kedua. Selama di perjalanan saya selalu mentaati peraturan lalu lintas dengan mematuhi seluruh rambu lalu lintas dan menggunakan helm serta membawa surat surat kendaraan, mentaati peraturan lalu lintas termasuk ke dalam nilai etika sila kelima.

Perjalanan saya dari rumahke kampus kurang lebih 30 menit, setelah sampai di kampus terlebih dahulu saya mengantri untuk memasuki parkiran, mengantri ini termasuk ke dalam nilai etika sila kedua dan kelima. Setelah menaruh motor dengan tertib, saya langsung menuju guna melakukan kegiatan perkuliahan dengan baik dan benar, kegiatan tersebut termasuk ke dalam nilai etika sila kesatu dan kedua. Sampai pada pukul 11.40 saya melakukan ishoma hingga pukul 01.00, setelah ishoma selesai saya bersiap untuk menuju ke kelas kembali guna melanjutkan kegiatan perkuliahan kembali hingga pukul 16.00. 

Setelah kegiatan perkuliahan selesai saya langsung bersiap untuk kembali ke rumah dan perjalanan saya dari kampus ke rumah memakan waktu sekitar 45 menit, dikarenakan pada saat itu adalah rest hour yang pastinya terjadi kemacetan di jalanan. Setelah sampai di rumah kira kira pukul 17.00 saya beristirahat sebentar hingga pukul 17.30 setelah beristirahat saya lanjut untuk bersiap untuk melaksanakan shalat maghrib berjamaah dan mengaji, saya mengaji pada pukul 18.45 hingga pukul 21.00, mengaji ini termasuk ke dalam nilai pancasila sila kesatu. 

Setelah pengajian selesai saya lansung menuju kembali ke rumah dan sesamapinya di rumah saya salim dan mengucapkan salam kepada kedua orangtua saya, salim dan mengucapkan salam ini termasuk ke dalam nilai etika sila kesatu dan kedua. Lalu saya langsung menuju ke kamar saya merapihkan pakaian dan langsung merapihkan tempat tidur saya hingga pukul 21.30. Setelah itu saya melakukan scroll sosial media kurang lebih 1 jam dan pada pukul 22.30 saya bersiap untuk istirahat, dan saya mulai tidur sekitar pukul 22.45 hingga pukul 04.00 dan kembali beraktivitas seperti biasa.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun