Pengertian Ranking
Ranking dalam evaluasi pembelajaran adalah metode penilaian yang mengurutkan performa siswa berdasarkan nilai atau skor. Hal ini memberikan gambaran posisi relatif siswa dalam kelompoknya dan bertujuan untuk memberi umpan balik yang konstruktif, serta membantu guru merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif.
Jenis-Jenis Ranking
- Ranking Absolut: Mengurutkan siswa berdasarkan skor tanpa perbandingan dengan siswa lain.
- Ranking Relatif: Mengurutkan siswa dengan membandingkan skor mereka dengan siswa lain.
- Ranking Berdasarkan Kriteria: Mengurutkan berdasarkan pencapaian standar tertentu.
- Ranking Campuran: Mengombinasikan berbagai metode rangking.
- Ranking Dinamis: Mengurutkan secara berkala berdasarkan perkembangan.
Kriteria Penentu Ranking
- Pencapaian/Prestasi: Nilai hasil belajar siswa.
- Usaha: Upaya siswa dalam belajar.
- Aspek Pribadi dan Sosial: Sikap dan interaksi sosial siswa.
- Aspek Kebiasaan Kerja: Cara siswa mengerjakan tugas (tepat waktu, kerapian, ketelitian).
Tujuan Ranking
- Mengukur Kinerja Individu: Mengetahui posisi dan pencapaian siswa.
- Mendorong Kompetisi Sehat: Memotivasi siswa untuk belajar lebih giat.
- Memberikan Umpan Balik: Menyediakan informasi tentang kekuatan dan kelemahan siswa.
- Identifikasi Kebutuhan Pendidikan: Membantu pendidik mengenali area yang perlu diperbaiki.
- Evaluasi Program: Menilai efektivitas metode pengajaran dan strategi pembelajaran secara keseluruhan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H
Beri Komentar
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!