Mohon tunggu...
Muh Fatih Arrayyan
Muh Fatih Arrayyan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati

Mahasiswa yang berdoa untuk Bisa menyelesaikan tugas dan masalahnya dengan baik

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mengenal Alat Evaluasi Tes

18 April 2024   17:49 Diperbarui: 16 Mei 2024   19:33 76
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Oleh Kelompok 4 Evaluasi Pendidikan :
Karisma Nur Hidayat
Linda Nur
Muhammad Fatih

Alat evaluasi atau instrumen evaluasi adalah sesuatu yang digunakan untuk mempermudah dalam melaksanakan tugas atau mencapai tujuan dengan lebih efektif dan efisien. Dalam konteks evaluasi, alat ini berfungsi untuk memperoleh hasil evaluasi yang sesuai dengan keadaan yang dievaluasi. Alat evaluasi dikatakan baik jika mampu mengevaluasi sesuatu dengan hasil yang mencerminkan keadaan yang dievaluasi. 

Ada dua teknik evaluasi utama: teknik tes dan teknik non-tes. Teknik tes menggunakan instrumen tertulis atau lisan untuk mengukur pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan siswa, sementara teknik non-tes lebih fokus pada partisipasi aktif siswa dalam konteks yang nyata.

Jenis-jenis alat evaluasi dalam pembelajaran dibagi menjadi tes objektif dan non-objektif. Tes objektif meliputi pilihan ganda, benar-salah, menjodohkan, dan isian singkat. Pilihan ganda, benar-salah, dan menjodohkan memungkinkan evaluasi yang cepat dan objektif dengan jawaban yang telah ditentukan. 

Sementara itu, tes non-objektif, atau tes uraian, memberikan kebebasan kepada siswa untuk menjawab dengan penjelasan dan pemikiran mereka sendiri. Tes uraian terbagi menjadi uraian terbatas dan uraian bebas, dengan penilaian yang lebih subjektif dan bergantung pada interpretasi guru.

Alat evaluasi dengan teknik non-tes meliputi skala bertingkat, kuesioner, daftar cocok, wawancara, dan observasi. Skala bertingkat memberikan nilai angka terhadap suatu hasil pertimbangan, sedangkan kuesioner adalah daftar pertanyaan yang harus diisi oleh responden. 

Daftar cocok meminta responden memberi tanda pada pilihan yang tepat, sementara wawancara adalah tanya-jawab antara evaluator dan responden. Observasi, baik partisipan maupun sistematik, melibatkan pengamatan dan pencatatan secara teliti terhadap aktivitas atau perilaku yang diamati.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun