Assalamualaikum, Wr.Wb.
Salam bahagia, sobat Kompasiana dan Bapak/Ibu guru hebat!
Modul 1.2 Pendidikan Guru Penggerak tentang Nilai-Nilai dan Peran Guru Penggerak melalui alur MERDEKA pada sesi M yaitu mulai diri memiliki tagihan tugas menjabarkan trapesium usia. Selain trapesium usia, CGP (Calon Guru Penggerak) juga diminta untuk merefleksikannya dan menjawab beberapa pertanyaan. Tujuan khusus pembelajaran ini adalah:
- CGP dapat mengidentifikasi nilai-nilai diri sendiri, yang selama ini melekat dalam pribadinya.
- CGP dapat menjelaskan peran dirinya sebagai seorang guru di dalam lingkungan sekolahnya masing-masing.
Berikut cotoh model trapeium usia!
Pertanyaan dan jawaban dalam LMS sebagai berikut!
Apa peristiwa positif dan negatif yang saya tuliskan di sana? Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â
Tanda positif terdapat pada usia sekolah yaitu angka 11. Saat itu saya duduk di kelas 4. Hobi menulis membuat saya berkeinginan untuk mengikuti berbagai lomba dan kompetisi. Waktu itu ada lomba esai tingkat kecamatan. Alhamdulillah saya lolos. Moment selanjutnya yaitu ke tingkat kabupaten dan berhasil meraih juara ke-2.Â
Di balik piala yang saya tenteng tentunya ada peran sosok seorang guru yang senantiasa membimbing, memberikan arahan, pelatihan, dst terkait bagaimana belajar literasi menulis esai. Usaha tidak menghianati hasil, kompetisi seperti roda berputar. Guru tersebut bernama, Pak Sarjono, S.Pd. guru baru di sekolah dasar kami. Ilmu yang telah diberikan beliau kepada saya sampai dengan saat ini tentunya sangat bermanfaat. hal tersebut saya terapkan kepada murid-murid binaan saya.Bahkan untuk meraih keberhasilan tersebut diperlukan usaha baik lahir maupun batin dengan tidak meninggalkan makna dari belajar dan berdoa kepada Allah SWT.
Tanda negatif bukan berarti selalu hal yang kurang baik. Justru bagi sebagain orang kata negatif itulah yang dapat memicu individu untuk terus mengolah pikiran dan kemampuannya. Berdasarkan trapesium yang telah saya lampirkan, bertepatan sewaktu saya kelas 2 SMP (usia 14 tahun), ada pemilihan siswa yang aktif dalam ekstrakurikuler pramuka dan akan diikutkan ke Jombore nasional. Kiat saya mengikuti moment berharga itu sangatlah bersungguh-sungguh.Â