Assalamualaikum, Wr. Wb
Sobat Kompasiana dan bapak/ibu guru hebat,
Salam Guru Penggerak, TERGERAK_BERGERAK_MENGGERAKKAN!
Awal Maret 2023 Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) angkatan ke-7 sudah memasuki paket modul 3 tentang "Pemimpin Pembelajaran dalam Pengembangan Sekolah". Paket ini terdiri dari 3 sub modul yaitu modul 3.1 tentang Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan sebagai Pemimpin. Sedangkan modul 3.2 akan mempelajari Sekolah sebagai Ekosistem. Materi Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid akan dibahas pada mosul 3.3.Â
Kali ini kita akan menganalisis sekaligus menjawab pertanyaan pada forum diskusi eksplorasi konsep modul 3.1. Modul ini memberikan empat studi kasus yang harus diamati secara saksama oleh peserta PGP atau disebut juga CGP (Calon Guru Penggerak), kemudian CGP dihadapkan oleh pertanyaan-pertanyaan pemandu guna  menyelesaikan hasil penalarannya terhadap kasus tersebut.Â
CGP diminta untuk memilih salah satu kasus diantara empat yang disuguhkan. Pemaparan kasus ini menyangkut dilema etika. Tujuan pembelajaran secara khusus dalam penugasan ini yaitu CGP mampu menganalisis pengambilan keputusan berdasarkan 4 paradigma, 3 prinsip, serta 9 langkah pengambilan dan  pengujian keputusan dalam studi kasus yang mereka dapatkan dan memberi tanggapan pada studi kasus CGP lainnya dan bersikap reflektif, kritis, dan kreatif dalam proses tersebut.Â
Saya akan membahas Kasus 1 tentang Pak Frans dapat dicermati melalui ilustrasi sebagai berikut!
1. Jika situasinya adalah situasi dilema etika, paradigma mana yang terjadi pada situasi tersebut? Apa nilai-nilai yang saling bertentangan dalam studi kasus tersebut?
Paradigma yang terjadi yaitu keadilan lawan kasihan, nilai yang saling bertentangan adalah tanggungjawab dan kedisiplinan