Mohon tunggu...
Muharningsih
Muharningsih Mohon Tunggu... Guru - Pengurus IGI Kab. Gresik-Pengurus KOMNASDIK KAB. Gresik-Editor Jurnal Pendidikan WAHIDIN

Linguistik-Penelitian-Sastra-Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.3

10 Desember 2022   19:15 Diperbarui: 10 Desember 2022   19:19 299
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Assalamualaikum, Wr. Wb. 

Salam Guru Penggerak, TERGERAK_BERGERAK_MENGGERAKKAN!

Malam minggu malam yang indah untuk saling berbagi informasi. Kali ini saya akan menyajikan jurnal refleksi berkelanjutan dalam pendidikan saya yaitu Calon Guru Penggerak (CGP). Modul 1.3 sudah terlampaui dengan begitu berliku. Untuk mengulas atau menuangkan laporan reflektifnya dalam bentuk jurnal dwi mingguan, saya menggunakan model Driscoll. Model Driscoll dikembangkan dan diadaptasikandari refleksi yang digunakan pada praktik klinis (Driscoll & Teh, 2001). Model yang dikenal dengan Model “What?” ini pada dasarnya terdiri dari 3 bagian, namun dapat dikembangkan dengan berbagai variasi bergantung pada pertanyaan detail yang dipilih. 

1) WHAT? (Deskripsi dari peristiwa yang terjadi) 

- Apa yang terjadi? 

- Apa yang saya lihat/dengar/alami? 

- Apa reaksi saya pada saat itu?

 - Apa yang orang lain lakukan pada saat peristiwa itu terjadi?

 

2) SO WHAT? (Analisis dari peristiwa yang terjadi) 

- Bagaimana perasaan saya pada saat peristiwa itu terjadi? 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun