Bulan Ramadhan adalah salah satu bulan yang terdapat pada kalender hijriah. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang selalu ditunggu-tunggu seluruh umat islam, baik masyarakat di Indonesia maupun di seluruh dunia.Â
Selain bulan yang yang memiliki banyak hikmah di dalamnya, Bulan Ramadhan mewajibkan seluruh umat Islam melaksanakan perintah rukun islam yang ke-3 yaitu berpuasa.Â
Selama melaksanakan ibadah puasa, umat Islam dilarang makan, minum, memasukkan sesuatu dari luar ke dalam perutnya dari waktu imsak hingga masuknya waktu maghrib (adzan maghrib).
Selama Bulan Ramadhan, aktivitas yang sudah pasti dilakukan umat Islam adalah memaksimalkan ibadah, tapi tidak menutup kemungkinan kegiatan yang dilakukan selama bulan tersebut berubah drastis, kita tetap masih melakukan aktivitas seperti di luar Bulan Ramadhan, yakni tetap bekerja, olahraga ringan, bahkan refreshing.Â
Berbiacara mengenai refreshing tentunya juga selalu menjadi kegiatan yang banyak memakan waktu saat berpuasa, biasanya menonton televisi merupakan salah satu contoh kegiatan yang sering dilakuka masyarakat Indonesia ketika menunggu waktu berbuka.Â
Ada kalanya saat menonton televisi kita sering disuguhkan tayangan iklan, salah satu iklan yang populer dan sering diputar ketikan hendak masuknya Bulan Ramadhan adalah iklan produk sirup Marjan yang merupakan salah satu porduk dari PT. Lasallefoof Indonesia.Â
Iklan yang dihadirkan selalu memiliki ciri khas yan berbeda setiap tahunnya, seperti mulai dari tahun 2019 Marjan mulai mengubah konsep dalam mem-brandng produknya melalui iklan series yang terinspirasi dari cerita rakyat.Â
Selain itu, hal yang membedakan iklan tersebut pada tahun sebelumnya adalah penggunaan efek teknologi CGI pada penayangan iklannya.
Kreatifnya branding iklan Marjan menjadikan produk ini selalu identik dengan datangnya Bulan Ramadhan. Dikutip dari myindibiz.co.id, langkah strategi yang dilakukan Marjan saat memasuki Bulan Ramadhan ini dikenal sebagai seasonal marketing.Â
Dilansir dari marketeers.com, seasonal marketing adalah jenis promosi yang dibuat oleh brand pada waktu tertentu dalam satu tahun, ini bisa juga disebut dengan musim penjualan.Â
Seasonal marketing seringkali berisi promosi spesial untuk menarik perhatian pelanggan pada beberapa musim tertentu (Ummah, 2023), pada pembahasan ini Marjan selalu melihat kesempatan pada Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri. Langkah tersebut efektif karena porduk Marjan bergerak pada bidang Food and Baverage (FnB) yakni minuman yang mana cocok menjadi pelengkap untuk menu buka puasa.