Pertanyaan: mengapa stasiun cukir ditutup pada tahun 1981?
Stasiun cukir adalah stasiun kereta api non aktif , yang didirikan hampir berbarengan dengan sukier fabriek (pabrik gula tjoekir). Pabrik gula cukir didirikan pada sekitaran tahun 1884, sedangkan jalur rel kediri stoom tram maatschappij berdiri 13 tahun setelahnya yaitu tahun 1897.
Stasiun tjoekir atau cukir ini berdiri di jalan irian jaya desa cukir kecamatan diwek kabupaten jombang, terletak di desa cukir dan menjadi stasiun yang unik karena rel dengan peronnya dibatasi oleh jalan raya, untuk menaiki kereta haru menyebrang jalan raya terlebih dahulu.
Jalur stasiun cukir dibangun untuk menghubungkan jalur kereta api pare melewati dua kabupaten dan 1 kota, yakni kota kediri ,kabupaten kediri, dan kabupaten jombang. Pada masa operasinya, jalur kereta api KSM digunakan untuk melayani beberapa pabrik gula, khususnya di cukir dioprasikan untuk pabrik gula cukir
Dalam melayani penumpang maupun pabrik gula tersebut, KSM biasanya mengoperaskan gerbong campuran gerbong barang dan gerbong  penumpang dalam satu rangkaian dan ditarik olek lokomotif uap, yang biasa orang orang sebut sepur klutuk yang menggunakan kayu untuk bahan bakarnya.
PENYEBAB DINONAKTIFKANNYA JALUR REL KEDIRI STOOMTRAM MAATSCHAPPIJ
Kebijakan pemerintah orde baru yang lebih fokus pada pembangunan jalan membuat infrastruktur kereta terabaikan, seperti jalur jombang pare kediri di jawa timur yang kini sudah mati sejak 1981. Kondisi rel banyak yang sudah terbengkalai di pinggir jalan.
Berdaarkan data dari komunitas roemah toea Yogyakarta soal laporan observasi jalur kereta api non aktif lintas jombang pare kediri eks kediri stoomtram maatschappij (KSM) yang dibuat hari kurniawan, javanesche spoorwegen obsevur 2013, yang dikutip detik finance, senin (14/9/2015).
Posisi jalur rel yang Sebagian besar bersebelahan dengan jalur umum, merupakan salah satu penyebab matinya jalur eks KSM sepanjang 50 km ini.
Akibat banyak infrastruktur jalan yang dibangun dan banyaknya kendaraan pribadi maupun kendaraan umum seperti bus bus dan mobil angkutan umum, angkutan antar kota dan antar daerah menyebabkan jalur rel kediri stoomtram maatschappij menjadi jarang bahkan tidak ditumpangi oleh masyarakat. Hal ini yang akhirnya menyebabkan jalur ini ditutup atau dinonaktifkan secara permanen oleh perusahaan jawatan kereta api (PJKA) pada rentang waktu 1976 -- 1984.
Hingga saat ini sisa sisa rel kereta api KSM ini masih terlihat dari sepanjang jalan ceweng diwek cukir hingga pare. Bahkan bangunan bekas stasiun cukir yang tak jauh dari pabrik cukir masih berdiri di desa cukir, dari pengamatan saya bangunan stasiun cukir kini menjadi tempat usaha konter handphone milik seorang warga.
SEJARAH BERDIRINYA KEDIRI STOOMTRAM MAATSCHPPIJ
Sebuah perusahaan kereta api swasta yang pernah beroperasi pada masa hindia belanda, kediri stoomtram maatschppij (KSM). Perusahaan ini mengoperasikan trem uap dan kereta api ringan di sepanjang jalur Kediri-Jombang. jalur KSM terbentang sejauh 122,9 kilometer dan dibangun antara tahun 1897-1900
seluruh jalur kereta api KSM saat ini berada di Daerah Operasi VII Madiun.
Kediri Stoomtram Maatschappij didirikan pada tanggal 27 September 1895, dengan dewan direksinya yang pertama adalah C.E. van Kesteren, serta J.K.Kempees, P.C. Huyser, dan A. Janssen. Dalam pembangunannya menghabiskan modal sebesar f 1.800.000 untuk membangun seluruh jaringan trem milik KSM sepanjang 123 km lengkap dengan berbagai sarana dan prasarana. Yang nantinya, Untuk meningkatkan mobilitas penumpang dan gula pada jalur Kediri-Jombang melalui Pare, KSM kemudian membangun rute kereta api dan trem uap yang menghubungkan dua stasiun Staatsspoorwegen (SS), yakni stasiun Kediri dan stasiun Jombang. Konstruksi dimulai pada tahun 1896. Jalur pertama kereta api KSM adalah jalur Kediri–Jombang sepanjang 50 km, yang dibuka pada tanggal 7 Januari 1897.
Pengoperasian kereta api di jalur KSM difokuskan pada pengangkutan penumpang dan barang khususnya tebu. Dalam menjalankan operasinya, KSM memiliki kedekatan dengan Malang Stoomtram Maatschappij, dibuktikan dengan manajemennya. Perusahaan tersebut kemudian dilikuidasi pada tahun 1970.
Jalur kereta api KSM meliputi rute Kediri - Jombang, Pesantren – Wates, Pelem – Papar, Tulungrejo – Konto, Pare – Kepung, Pulorejo – Ngoro – Kandangan, dan Gurah – Kawarasan (termasuk cabang menuju Plosoklaten). Jalur jalur cabangnya lebih dahulu ditutup karena dibongkar oleh militer  Jepang. Jalur lintas utamanya, Kediri - Jombang, akhirnya resmi ditutup pada tahun 1981. Beberapa bagian dari rel masih akan ada di sana-sini.
kereta uap kediri stoomtram maatschappij
 http://searail.malayanrailways.com/PJKA/Kediri%20Tramway/KSM.htm
stasiun jombang lama kediri stoomtram maatschppij
pintu masuk stasiun jombang
bangunan bekas stasiun cukir
Sisa sisa rel kediri stoomtram maatschppij
Youtube maybi Prabowo
Wikipedia Kediri stroomtram maatschappji
Wikipedia stasiun cukir
Narasumber:
Nama : karyaningtyas
Status: ibu
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H