Mohon tunggu...
MUHAMMAD THARIQ AZIZ
MUHAMMAD THARIQ AZIZ Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Assalamualaikum wr.wb Halo perkenalkan nama saya Muhammad Thariq Aziz atau yang sering dipanggil "Toing". Saya lahir di Jakarta, 14 Oktober 2003. Saya merupakan anak kedua dari tiga bersaudara. Ayahku berasal dari Cianjur dan Ibuku berasal dari Tasikamalaya. Meskipun kedua orang tuaku berasal dari kampung halaman yang berbeda tetapi mereka bisa bertemu di Jakarta menikah sehinggal melahirkanku. Cempaka Putih Barat XI Jakarta Pusat merupakan tempat tinggalku. Tinggal di Jakarta sudah lama menjadikanku terbiasa dengan polusi, kemacetan dan permasalahan-permasalahan yang lainnya dan masih banyak lagi. Saya memulai pendidikan di TK Al-Falah selama 2 tahun, Lalu melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi di Sekolah Dasar Negeri Cempaka Putih Barat 17 Pagi yang letaknya tidak jauh dari rumah. Selama 6 tahun saya menimba ilmu di Sekolah Dasar tersebut sebelum akhirnya melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Setelah 6 tahun dan saya lulus dari SDN CPB 17 Pagi orang tua saya mendaftarkan saya ke salah satu pondok pesantren terkenal di Tasikmalaya, yaitu " Pondok Pesantren Sukahideng Tasikmalaya " yang letaknya di Provinsi Jawa Barat. Alhamdulillah saya mencari ilmu di pesantren selama 6 tahun. Ketika 3 tahun pertama saya lulus di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Tasikmalaya. Lalu, 3 tahun berikutnya saya melanjutkan pendidikan Sekolah Menengah Atas di Madrasah Aliyah Negeri 1 Tasikmalaya atau yang disingkat " MAN 1 TASIKMALAYA " dengan mengambil jurusan Agama. Setelah saya menyelesaikan pendidikan formal dan nonformal di Tasikmalaya saya melanjutkan pendidikan di Jakarta dengan melanjutkan ke jenjang perkuliahan. Alhamdulillah setelah saya mengikuti beberapa seleksi perkuliahan saya diterima di salah satu perguruan tinggi di Jakarta yaitu di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta yang berlokasi di Ciputat, Tanggerang Selatan. Disini saya memulai petualangan baru dengan teman-teman yang berbeda budaya, sifat, sikap dan tingkah laku karena di bangku perkuliahan ini semua orang yang belajar disini mendapat gelar "Mahasiswa" yaitu nama yang disandingkan dengan yang Maha Kuasa. Begitu berat tanggung jawabku menjadi mahasiswa karena tidak semua orang bisa menjadi mahasiswa banyak orang yang tidak bisa mendapat kesempatan yang sangat besar. Banyak faktor yang membuat seseorang tidak bisa melanjutkan perkuliahannya seperti ekonomi yang kurang, lebih memilih bekerja dibanding kuliah, dan tidak diterima saat seleksi perguruan tinggi alhasil, mereka menunggu kesempatannya di tahun yang akan datang. Sudah hampir satu tahun saya jalani dunia perkuliahan ini, saya mengambil jurusan Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi. Dari sekian banyaknya jurusan yang ada di UIN saya hanya tertarik dengan jurusan ini yang mendalami ilmu sosial kemasyarakatan. Tidak hanya mengenai sosial masyarakat jurusan ini juga mempelajari tentang bagaimana kita sebagai mahasiswa dapat memperdayakan masyarakat menjadi lebih baik dari sebelumnya, menjadi tahu dari yang belum tahu, dan menjadi bisa dari yang belum bisa. Orang tua merupakan motivasi terbesar saya dalam menekuni bangku perkuliahan ini, karena semua tidak akan terjadi tanpa adanya dorongan, doa, dan usaha dari orang tua. Saya sangat ingin membahagiakan mereka yang sudah susah payah membiayai saya dari jenjang pendidikan Taman Kanak-Kanak hingga saat ini.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Rumahku Surgaku

25 Maret 2023   20:35 Diperbarui: 25 Maret 2023   20:37 102
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Rumahku

Rumahku bertempat di Jl. Cempaka Putih Barat XI Jakarta Pusat mempunyai 2 Lantai didalamnya. Cat warna kuning dan cokelat menghiasi bagian luar rumahku. Walaupun diluar berwarna kuning dan cokelat tetapi tidak sama dengan warna yang ada di sekeliling dalam rumah yang berwarna hijau. Ruangan pertama yang dekat pintu merukapakan ruang tamu. Disana terdapat 3 kursi , 1 meja dan 1 lemari besar menghiasi ruangan tersebut. Tidak hanya itu, kursi dan meja juga digunakan sebagai alat duduk untuk tamu yang datang dan lemari untuk menyimpan beberapa hiasan dan barang-barang kaca yang rawan pecah. Di dinding ruang tamu terdapat lukisan-lukisan serta kaligrafi lafadz Allah dan Muhammad. Jam dinding berwarna merah juga ikut menghiasi ruang tamu.

Disamping ruang tamu terdapat ruang keluarga yang biasanya digunakan untuk berkumpul dan menonton bersama keluarga. Ruangan tersebut terdapat 1 televisi merk LG, 2 sofa, dan 1 dispenser disamping televisi untuk minum. Sebelum naik tangga ke lantai 2 tepat berada disamping tangga tersedia 1 musala yang didalamnya tersedia 1 kipas angin. Samping kanan musala terdapat 2 kamar besar dan 1 kamar kecil yang didalamnya sama-sama terdapat kasur, lemari dan lemari. Susana kamar ketika pagi hingga siang hari sepi karena semua anggota keluarga sedang beraktivitas di luar. Keadaan di rumah sangat ramai ketika semua anggota keluarga telah pulang dan berkumpul di ruang keluarga. Kamar mandi terletak disamping kiri tangga bersebelahan dengan dapur. Didapur sangat lengkap dalam urusan alat memasak dari penggorengan, kompor, gas, sendok, garpu, dsb. Naik ke lantai 2 diatas terdapat 1 kamar mandi, 1 ruang tengah, 1 kamar, dan 1 balkon. Kamar mandi atas berfungsi sebagai tempat menyuci pakaian. Ruang tengah sesekali digunakan untuk berkumpul. Kamar diatas merupakan kamar adik saya. Balkon seperti biasanya digunakan untuk menjemur pakaian yang telah dicuci sebelumnya. Semua ruangan di rumah saya sangat bersih karena setiap hari selalu ada piket kebersihan untuk membersihkannya baik dari ruangan terkecil hingga ruangan terbesar di rumahku  sebelum di tinggalkan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun