Tanjung Seri, 22 Agustus 2024 --- Dalam rangka melaksanakan program kerja sesuai dengan fakultas dan program studi, Tim KKN 25 Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) turut berkontribusi dalam pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Tanjung Seri. Pada Kamis, 22 Agustus 2024, tim ini melaksanakan program pengabdian yang difokuskan pada peningkatan pemasaran produk ikan gurame dari Unit Pembenihan Rakyat (UPR) Ma'Arif.
Melalui diskusi intensif bersama pengelola UPR Ma'Arif, Tim KKN 25 UINSU berhasil mengidentifikasi tantangan utama dalam pemasaran ikan gurame yang selama ini dihadapi oleh pelaku usaha. Untuk mengatasi hal tersebut, tim KKN, yang terdiri dari mahasiswa FEBI, SAINTEK, dan FIS, memutuskan untuk membantu pengelola UPR Ma'Arif dengan membuat strategi pemasaran berbasis digital, khususnya untuk UMKM.
Sebagai langkah konkret, Tim KKN 25 UINSU membuat akun media sosial khusus untuk memasarkan ikan gurame ini melalui platform Facebook dengan nama akun "Ikan Gurame UPR Ma'arif." Pemasaran juga dilakukan di Facebook Marketplace. Tim juga mendesain logo dan materi promosi lainnya yang lebih menarik dan profesional untuk meningkatkan daya tarik produk di pasar. Profil Facebook untuk produk ini dapat diakses melalui [link berikut](https://www.facebook.com/profile.php?id=61565088959208&mibextid=ZbWKwL). Melalui kolaborasi ini, diharapkan produk ikan gurame dari UMKM UPR Ma'Arif dapat lebih dikenal luas dan mampu menjangkau pasar yang lebih luas.
Langkah ini merupakan bagian dari upaya KKN 25 UINSU untuk memberdayakan masyarakat lokal dengan memberikan dukungan yang sesuai dengan keahlian akademik mereka. Program ini juga diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan ekonomi UMKM di Desa Tanjung Seri.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H