Mohon tunggu...
Muhammad RizaSetiawan
Muhammad RizaSetiawan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Sosiologi FIS UNJ

Pengen Ngaji

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Mengembangkan Platform Digital Untuk Keberlangsungan Hidup Pasca Pandemi

26 Maret 2023   00:17 Diperbarui: 26 Maret 2023   00:22 95
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

        Pandemi covid 19 ini mengakibatkan banyaknya penurunan beberapa sektor salah satu sektor perdagangan yang bersinggungan dengan perkononian Indonesia ,maka Saat  ini setiap individu harus bersiap menghadapi pergeseran kebudayaan dimana setiap pemenuhan kebutuhan harus beriringan dengan perkembangan teknologi. 

Dilihat dari sisi kebutuhan harian saat ini indiidu memenuhi kebutuhan bukan hanya sekedar mencukupi kebutuhan sandang pangan dan papan. Namun, juga mengutamakan pelayanan, kualitas dan harga dari suatu produk atau jasa penjualan. Hal ini menjadi peluang besar perusahaan E-commerce untuk menyajikan pasar dalam bentuk menjual produk dengan online. E-commerce mencakupi segala proses pengembangan,pemasaran dengan dikungan dari jaringan mitra bisnis yang lebih luas.

         Covid 19 berawal pada bulan Maret 2020, penyebaran covid 19 mempunyai dampak buruk untuk masyarakat, dampak yang sangat terasa adalah perekonomian melemahnya konsumsi rumah tangga, melemahnya daya beli masyarakat secara global.

          Hingga saat pandemi masyarakat mengalami penuruan pembeli yang sangat signifikan, ppkm yang terus berlanjut dengan berbagai aturan pengetatan menghambat masyarakat untuk beraktifitas diluar rumah. PPKM sangat berpengaruh terhadap naik turunya sektor ekonomi, pemerintah diharapkan mampu memberikan solusi agar kemampuan daya beli masyarakat tetap dapat bertahan Pandemi harus mengharuskan setiap individu mengurangi transaksi secara langsung, Maka dari itu masyarakat sangat penting mengenal dunia digital, oleh karna itu  dibutuhkan pengembangan platform digital untuk mempermudah masyarakat berbelanja online tidak hanya itu pengusaha kecil yang memulai perdagangan semula offline menjadi online. Di Indonesia sendiri E-commerce sudah ada sejak tahun 2000an. Pada tahun 2014 E- commerce baru mulai diminati masyarakat. Dibuktikan dengan banyaknya perusahaan di Indonesia contohnya Tokopedia, Buka lapak, Blibli, Shoppe. Perkembangan ini sangat pesat dipengaruhi oleh faktor individu untuk berbelanja online diaplikasi yang sudah terkenal karena memiliki banyak keunggulan diantaranya,biaya murah banyak potongan harga karna hal ini yang membuat peminat makin banyak sehingga membuat perusahaan sejahtera , kualitas barang yang bagus dan beraneka ragam dari barang antik hingga fasilitas keluarga sehingga banyak masyarakat merasa mudah , fasiltas transaksi yang sudah banyak contohnya Antar bank atau kredit.


Perkembangan ini sangat pesat dipengaruhi oleh faktor individu untuk berbelanja online diaplikasi yang sudah terkenal karena memiliki banyak keunggulan diantaranya,biaya murah banyak potongan harga karna hal ini yang membuat peminat makin banyak sehingga membuat perusahaan sejahtera , kualitas barang yang bagus dan beraneka ragam dari barang antik hingga fasilitas keluarga sehingga banyak masyarakat merasa mudah , fasiltas transaksi yang sudah banyak contohnya Antar bank atau kredit . Hal ini juga mempengaruhi kenaikan enomi  masyarakat seperti membuka lowongan kerja karna saat pandemi banyak perusahaan yang melakukan pengurangan.

Ada beberapa faktor lainya yang mendukung pertumbuhan ekonomi, penetrasi smartphone dan internet terus meningkat, dengan adanya internet jumlah penduduk di Indonesia yang besar dan daya belinya meningkat ditengah pertumbuhan maraknya ekonomi yang kuat, Indonesia memiliki populasi yang muda dan melek akan teknologi, artinya mereka dengan cepat menyusaikan diri dengan tekonologi baru. Ini bisa menjadi solusi yang baik untuk mempertahankan keberlangsungan hidup saat pandemi. Dan bisa mempertumbuhkan ekonomi di Indonesia.

Akibat Pandemi Covid-19 telah membuat banyak penurunan dibeberapa sektor negara, salah satunya adalah sektor perekonomian negara. Yang dimana, sumber pendapatan masyarakat menjadi sulit, banyak nya seseorang yang kehilangan lapangan pekerjaan secara tiba-tiba. 

Dengan adanya upaya mempertahankan kehidupan, masing-masing individu akan berinisiatif untuk mencari sumber pendapatannya, misalnya dengan membuka usaha dirumah atau dipertokoan.

Bagi para wirausaha yang juga terdampak akan berkurangnya pelanggan yang datang, membuat suatu ide mengubah cara jual beli nya, yang semula berinteraksi secara langsung, menjadi online yang menggunakan platform digital. Platform digital sangatlah membawa keberuntungan akan kelangsungan usaha seseorang dimasa pandemi ini. Dengan pembayaran yang dipermudah melalui antar bank, sehingga tidak perlu adanya interaksi secara langsung. Begitupun dengan perkembangan teknologi yang semakin membatu akan. keberlangsungan usaha online.

Daftar Pustaka

Febriantoro, M., Arisandi, D., (2018), Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean., Universitas Universal, Jurnal Manajemen Dewantara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun