Mohon tunggu...
Muhammad Rizal Fadli
Muhammad Rizal Fadli Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Workshop Digital Marketing UMKM di Kampung Arab Gapurosukolilo Gresik

13 Februari 2023   16:03 Diperbarui: 13 Februari 2023   16:10 172
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Rabu, 8 februari 2023 tim 1 KKN Genap UISI telah melaksanakan workshop Go UMKM dengan mengusung
tema "Penerapan Digital Marketing pada UMKM Gapurosukolilo untuk Pencapaian Target Pasar Skala Nasional".
Workshop yang dilaksanakan sore itu pukul 16.00 WIB berlangsung dengan lancar dan sukses.
Hal itu dibuktikan dengan partisipasi para pemilik UMKM di desa Gapurosukolilo Kab. Gresik, Jawa Timur
yang antusias menghadiri workshop dengan membawa produk UMKM masing-masing, sekaligus berkonsultasi
kendala dalam pemasaran serta branding produk sesuai dengan instruksi dari tim 1 KKN UISI.
Latar belakang diadakannya workshop digitalisasi marketing di Gapurosukolilo karena sebagian besar
masyarakat bermata pencaharian sebagai pengusaha dan pedagang dengan produk utama perlengkapan ibadah
umat muslim dan oleh-oleh khas Arab maupun Gresik. Hal ini didukung dengan lokasi desa yang memiliki potensi
sebagai desa wisata religi yang bertempat di lingkungan makam Syekh Maulana Malik Ibrahim, sehingga berpotensi
untuk pengembangan usaha masyarakat sekitar.
Banyaknya usaha yang berciri khas etnis Arab, bermula dari adanya kompleks kampung Arab di desa
Gapurosukolilo. Etnis Arab di kecamatan Gresik tersebar di dua desa yaitu desa Gapurosukolilo dan Pulopancikan.
Mereka berbondong-bondong membuka usaha barang maupun kuliner khas dari negeri unta tersebut, sehingga tak
khayal fenomena ini menjadi daya tarik tersendiri bagi warga Gresik maupun wisatawan.
Fokus utama dari digital marketing yang kami angkat adalah platform media social Shopee, Tik Tok, dan
branding melalui Instagram. Tujuannya agar dapat membantu pengembangan pemasaran produk di tingkat nasionalmelalui beberapa media, sehingga dapat meningkatkan perekonomian UMKM di Gapurosukolilo dengan biaya yanglebih minim, waktu yang lebih fleksibel, serta jangkauan yang luas. Dengan demikian, para UMKM tidak hanya
mengandalkan penjualan di toko offline pada lokasi wisata religi.
#GoUMKM
#GoGoGo
#KKN1Gapurosukolilo
#KKNUISI2023
Instragram: kkn1.gapurosukolilo
Tiktok: kkn1.Gapurosukolilo

Dokpri
Dokpri

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun