Mohon tunggu...
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Islam Sultan Agung

Insya Allah menjadi orang yang berguna bagi semua teman dan keluarga. Pemimpi yang ambisius untuk meraih mimpi yang jauh disana.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Evaluasi Pembelajaran sebagai Tolak Ukur Keberhasilan Guru?

7 Januari 2023   11:30 Diperbarui: 7 Januari 2023   11:42 386
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Di dunia pendidikan tentu tidak asing dengan istilah evaluasi, bahkan tentu tidak hanya pendidikan tapi juga ada di bidang kehidupan lainnya seperti industri, perkantoran maupun organisasi dan lain sebagainya. Evaluasi merupakan salah satu hal yang dibutuhkan dalam proses maupun kegiatan yang telah berakhir. Hal itu dikarenakan dengan adanya evaluasi maka kedepannya akan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Dengan evaluasi juga maka sebuah kegiatan itu akan mudah untuk dikoreksi untuk kedepannya dan dapat mengetahui kekurangan maupun kelebihan dari kegiatan yang telah dilaksanakan.

Dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 57 ayat 1 menyatakan bahwa "evaluasi dilakukan dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak berkepentingan, di antaranya terhadap peserta didik, lembaga dan program pendidikan". Maka dari itu kedudukan evaluasi pembelajaran mencakup semua komponen, proses pelaksanaan dan produk pendidikan secara total serta di dalamnya ada tiga konsep yaitu memberikan pertimbangan (judgement), nilai (value), dan arti (worth).

Nah, pada kegiatan pembelajaran di kelas, evaluasi itu penting bagi pendidik maupun peserta didik. Seperti yang kita ketahui bahwa kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di dalam kelas memiliki tujuan untuk mencapai kompetensi tertentu serta juga memberikan dampak positif kepada peserta didik agar menjadi lebih baik dari sebelumnya secara kepribadian maupun kecerdasan. 

Melalui evaluasi pembelajaran itulah yang menjadi tolak ukur keberhasilan guru dalam memberikan materi maupun pengajaran selama di dalam kelas. Tidak hanya keberhasilan guru dalam mendidik, akan tetapi juga akan menjadi tolak ukur kemampuan peserta didik dalam menyerap materi yang diberikan oleh guru. Semakin bagus dan baik hasil dari evaluasi itu sendiri maka kegiatan pembelajaran itu dapat dikatakan berhasil. Adapun jika masih ada yang belum mendapatkan hasil evaluasi yang baik maka perlu adanya perbaikan untuk kedepannya, bagi pendidik maupun peserta didik.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun