Mohon tunggu...
Muhammad Reza
Muhammad Reza Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hallo semuanya. Saya Muhammad Reza mahasiswa semester 6 universitas negeri Medan jurusan matematika tepatnya prodi pendidikan matematika. Disini saya ingin meningkatkan skill saya dalam hal menulis.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Pengaruh Pembelajaran Coding terhadap Anak Sekolah Dasar

14 Juni 2023   13:36 Diperbarui: 14 Juni 2023   13:49 130
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Nama : Batara Leandro Marpaung 

Nim    : 4203111103

Pengaruh Pembelajaran Coding Terhadap Anak Sekolah Dasar

Pada zaman sekarang segala aktivitas manusia sudah masuk ke dalam era digital. Generasi selanjutnya harus mengikuti alur dari perkembangan zaman. Untuk membantu anak-anak sebagai penerus dari generasi sebelumnya maka perlu adanya sebuah pendidikan mengenai digitalisasi.
Pendidikan merupakan aspek penting dalam pembentukan generasi muda yang berkualitas. Dalam era digital seperti saat ini, kemampuan dalam pemrograman dan pengkodean (coding) menjadi semakin relevan. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan pengaruh pembelajaran coding terhadap anak-anak di sekolah dasar. Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan manfaat dari pembelajaran coding bagi anak sekolah dasar dan dampak positifnya dalam pengembangan berbagai aspek kognitif dan keterampilan mereka.
Pembelajaran coding dapat membantu anak-anak sekolah dasar dalam mengembangkan kemampuan logika dan pemecahan masalah. Melalui pemrograman, anak-anak diajak untuk berpikir secara sistematis, menganalisis masalah, dan mencari solusi secara efektif. Mereka belajar untuk menguraikan masalah ke dalam langkah-langkah yang terstruktur dan memecahkannya secara bertahap. Hal ini membantu meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan analitis mereka.
Pembelajaran coding juga dapat merangsang kreativitas dan inovasi anak-anak. Ketika mereka diberikan kesempatan untuk merancang program komputer atau membuat game sederhana, anak-anak dapat mengekspresikan ide-ide kreatif mereka. Mereka belajar untuk berpikir di luar kotak, mengeksplorasi berbagai kemungkinan, dan mengubah ide-ide menjadi karya nyata. Pembelajaran coding memberikan ruang bagi anak-anak untuk mengembangkan imajinasi mereka dan mengasah keterampilan berpikir kreatif. Aktivitas bermain dengan coding merupakan salah satu kegiatan bermain yang paling menyenangkan bagi anak-anak untuk merangsang kemampuan pemecahan masalah awal mereka secara optimal. Aktivitas bermain unplugged coding tidak hanya untuk keterampilan pemecahan masalah awal tetapi juga untuk keterampilan sosial dan sosial anak-anak dalam hal kemandirian dalam mengarahkan diri sendiri pembelajaran (Suhendro et al., 2022).
Pembelajaran coding melibatkan konsep-konsep matematika dan sains dalam pemrograman. Anak-anak dapat memperkuat pemahaman mereka tentang matematika melalui pemodelan matematika dalam kode-kode program. Coding membantu anak-anak untuk dapat memvisualisasikan konsep abstrak, memungkinkan mereka menerapkan matematika ke situasi dunia nyata, dan membuat matematika menyenangkan dan lebih kreatif. Coding hadir di banyak program STEM saat ini (Muklason et al., 2023). Mereka juga dapat mengaplikasikan konsep-konsep sains, seperti logika dan fisika, dalam membangun program yang berfungsi. Pembelajaran coding membantu mengaitkan konsep-konsep abstrak dengan aplikasi dunia nyata, yang memperkaya pemahaman mereka terhadap matematika dan sains.
Pembelajaran coding sering kali melibatkan kerja dalam tim dan kolaborasi. Anak-anak belajar untuk bekerja sama dengan teman-teman mereka dalam memecahkan masalah dan mengembangkan proyek bersama. Mereka juga belajar untuk berkomunikasi dengan jelas dan efektif dalam menjelaskan ide-ide mereka kepada orang lain. Kemampuan kolaborasi dan komunikasi ini penting dalam kehidupan sehari-hari dan mempersiapkan anak-anak untuk bekerja dalam tim di masa depan.
Pembelajaran coding memiliki pengaruh yang positif terhadap anak-anak sekolah dasar. Selain itu juga untuk membantu mengembangkan logika, pemecahan masalah, kreativitas dan inovasi, peningkatan kemampuan matematika dan sains, dan kemampuan kolaborasi dan komunikasi.

Referensi 

Muklason, A., Riksakomara, E., Mahananto, F., Djunaidy, A., Vinarti, R. A., Anggraeni, W., Nurita, R. T., Utamima, A., Fauzia, R., Theresia, L. W., Fikri, M. A., Propitadewa, H., Habibah, J. H., Prasetyo, J. D., Permatasari, S. T. I., Risnina, N. N., Tsaniyah, N. D., & Maulana, M. D. (2023). Coding for Kids: Pengenalan Pemrograman untuk Anak Sekolah Dasar sebagai Literasi Digital Baru di Industri 4.0. Sewagati, 7(3). https://doi.org/10.12962/j26139960.v7i3.506
Suhendro, E., Sunan, U., & Yogyakarta, K. (2022). Proceedings of The 6 th Annual Conference on Islamic Early Childhood Education Coding Kids Sebagai Langkah Pengembangan Literasi Digital Bagi Anak Usia Dini. http://conference.uin-suka.ac.id/index.php/aciece
 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun