Mohon tunggu...
Muhammad Ramdhan
Muhammad Ramdhan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pamulang

Mendengarkan Musik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Beli Laptop Secara Kredit Menggunakan Asas 5C dan 7P

18 Juni 2024   22:14 Diperbarui: 18 Juni 2024   22:33 66
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar : SPaylater_Shopee

                   Kebutuhan setiap orang pasti berbeda mulai dari modal usaha, rumah, kendaraan atau bahkan alat elektornik. Kebutuhan tersebut kadang tidak bisa langsung tercapai karena keterbatasan keuangan. Ada yang dengan pembelian cash dan ada pula dengan sistem kredit.

Disini saya ingin sedikit menjelaskan terkait pengalaman saya, dimana saya membeli alat elektronik berupa Laptop AXIOO MYBOOK Hype 3 dengan menggunakan kredit selama 12 bulan melalui SPaylater ( Shopee ). Alasanya karena keterbatasan keuangan dan kebutuhan mendesak

Tujuan saya melakukan kredit pembelian barang tersebut adalah untuk mempermudah saya dalam mendapatkan sesuatu dikarenakan kebutuhan mendesak seperti kebutuhan kuliah baik dalam hal pembuatan makalah, tugas, bahkan untuk mempermudah melakukan pekerjaan saya selama di rumah. Adapun rencana saya kedepannya barang tersebut bisa saja digunakan sebagai akses untuk membuka toko online.

Namun, perlu kita perhatikan angsuran yang akan kita pilih agar tidak memberatkan diri kita nantinya. Selain itu, kita harus bisa menerapkan Azas Kredit berupa 5C dan 7P dalam melakukan kredit modal usaha, rumah, kendaraan atau alat elektronik.

Berikut adalah penerapan prinsip 5C yang harus diperhatikan :

1. Character


Dalam pembelian Laptop AXIOO MYBOOK Hype 3 dengan menggunakan SPaylater dari Shopee, saya selaku peminjam melampirkan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Verifikasi NPWP, Verifikasi Wajah, Mengisi Data Diri/CV/Riwayat Hidup berupa Nama Lengkap sesuai KTP, Nomor NIK, Nomor KTP, Tanggal Lahir, Nama Ibu Kandung, dan lain sebagainya, serta Mengisi Kode Verifikasi (OTP) yang dikirimkan dari pihak Shopee.

2. Capital

Pihak Shopee/Spaylater dapat melakukan pengecekan pada data diri yang saya kirimkan 1x24 jam atau bisa lebih tergantung sistem. Modal atau limit awal yang telah disetujui senilai Rp 8.800.000,-. Karena saya ingin membeli hanya Laptop tersebut untuk sebagai fasilitas dan mempermudah saya selama kuliah dan bekerja, sebagai jaminan saya menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku termasuk bunga. Limit SPaylater akan bertambah ketika saya membayar tepat waktu dengan menggunakan SPaylater

3. Capasity

Saya memiliki pemasukan sebesar Rp 4.602.000,- /bulan dari tempat saya bekerja, dengan pengeluaran seperti Keperluan Pribadi Rp 1.500.000,- /bulan, Biaya Kontrakan, Listrik, Wifi sebesar Rp 800.000,- /bulan, Kebutuhan Keluarga sebesar Rp 1.000.000,- /bulan, Biaya Kuliah kurang lebih Rp 300.000,- /bulan. Total pengeluaran saya kurang lebih sebesar Rp 3.600.000,- /bulan dengan sisa kurang lebih Rp 1.002.000,- /bulan sehingga dari sisa pemasukan, saya mampu membayar angsuran pada SPaylater/Shopee perbulannya dengan kesepakatan yang telah disepakati.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun