Mohon tunggu...
Muhammad Rama Farma
Muhammad Rama Farma Mohon Tunggu... Jurnalis - Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 20107030120

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 20107030120

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Pewdiepie: Dari Penjual Hotdog hingga Youtuber Nomer 1

29 Juni 2021   10:54 Diperbarui: 29 Juni 2021   11:15 438
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber : https://pewdiepie.fandom.com/

Youtuber adalah sebuah kata yang sangat populer, apalagi pada zaman sekarang dimana hal-hal seperti social media worker sudah umum dan marak sekali. Tetapi, terdapat beberapa youtuber yang telah melegenda dan sudah cemplung di dunia youtube selama belasan tahun.

Salah satunya Felix arvid ulf kjellberg  atau kerap dikenal dengan sebutan "Pewdiepie", merupakan seorang pria asal swedia yang sekarang sudah mempunyai lebih dari 100 juta subscribers

Sejarah karir

Pewdiepie memposting video pertamanya pada tahun 2 Oktober,2010.Di video tersebut, ia memposting video minecraft bersama salah satu seorang teman gaming lamanya. Tanpa ia sadari video tersebut akan menjadi salah satu video pertama yang akan menjadi cikal bakal perjalanan felix menjadi youtuber nomer 1 di dunia selama bertahun-tahun.

Ia tidak langsung memulai karirnya menjadi youtuber, melainkan ia pernah kuliah di Chalmers University of Technology di jurusan
ekonomi industri dan manajemen teknologi hingga dropout, dan mengambil pekerjaan paruh waktu bekerja di tempat stand hotdog sambil mengejar dan menjalankan passionnya terhadap gaming.

Bahkan sempat bertahun-tahun mendapati viewer konten youtube yang tidak naik-naik ia tetap optimis menjalankan passionnya sebagai gaming youtuber, di fase ini juga lah kelak ia bertemu denga istrinya yaitu Marzia Kjellberg.  Mereka bertemu di aplikasi Facebook yang saat itu lagi booming-boomingnya.ia juga bahkan menyisihkan uangnya dari kerja paruh waktu untuk bertemu Marzia yang kelak akan menjadi calon istrinya itu.

Setelah beberapa tahun menjalankan dan mengejar passionnya itu, ia akhirnya bertemu dengan titik mula masa keemasan felix yaitu saat ia memulai konten amnesia yang terus diingat oleh para penggemarnya hingga saat ini sebagai salah satu series paling melegenda diantara ribuan video di channel pewdiepie tersebut. Pada saat inilah subscriber hingga viewer felix melejit naik. hingga akhirnya pada 15 agustus 2013 ia menjadi channel yang mempunya paling banyak subscriber pada 15 agustus 2013.Sepanjang 2012 dan 2013, channel felix menjadi salah satu channel yang tumbuh paling cepat jumlah pelanggannya di YouTube. Pada tahun 2013, channel felix  tumbuh dari 3,5 juta menjadi 19 juta subscriber, dan pada akhir tahun 2013, channel tersebut memperoleh pelanggan baru setiap 1,37 detik. Billboard melaporkan bahwa saluran tersebut memperoleh lebih banyak pelanggan daripada channel lainnya pada tahun 2013. Selain itu, pada paruh kedua tahun 2013,channelnya tersebut memperoleh kurang dari 1,3 miliar penayangan video.

Felix terlibat didalam peristiwa "Pewdiepie vs T-series" dimana pada peristiwa tersebut terdapat aksi besar-besaran menambah jumlah pelanggan atau subscriber ke akun felix atau tseries untuk memenangkan siapa yang mencapai 100 juta subscriber duluan. 

Hal ini bahkan viral hampir ke seluruh dunia, walaupun akhirnya felix kalah didalam jumlah angka tetapi ia memenangkan banyak hati masyarakat dunia, hal ini dikarenakan felix yang membangun channelnya dari 0 dan tidak terlibat didalam perusahaan besar seperti banyaknya channel seperti T-Series. 

Kenapa channel perusahan besar sering tidak disukai?

Banyak yang berpendapat hal ini dikarenakan perusahaan besar ini membawa suasana kapitalisme ke ruang youtube, dimana hal ini menghilangkan ciri khas youtube yang unik dimana setiap user memposting hanya semata untuk hiburan dan untuk bersenang-senang. Tetapi, dengan adanya perusahaan besar yang datang ke ruang youtube membawa dan memberatkan kesan bahwa youtube yang sekarang seperti tempat untuk mencari duit contohnya adalah channel perusahaan besar dapat memposting video dengan frekuensi yang sangat cepat dibanding dengan channel individual dikarenakan perbedaan sumber daya manusia  yang sangat besar . Hal ini juga menghilangkan esensi youtube yang disenangi oleh para penonton setia youtube.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun