Mohon tunggu...
Muhammad Rafi Raditya
Muhammad Rafi Raditya Mohon Tunggu... Lainnya - Sarjana

Menulis adalah salah satu hobi saya, dengan menulis saya bisa melatih kemampuan riset dan berpikir kritis. Dan dengan menulis saya juga bisa berkontribusi dalam menyebarkan ilmu pengetahuan.

Selanjutnya

Tutup

Diary

Perjuanganku dalam Mendirikan Organisasi Mahasiswa Berskala Internasional

17 Agustus 2023   08:17 Diperbarui: 17 Agustus 2023   08:18 275
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: dokumen pribadi

Pada bulan Agustus tahun 2020, saya telah resmi menjadi mahasiswa fakultas hukum UPN Veteran Jakarta. Ini menjadi awal hidup saya menghadapi perkuliahan yang berbeda dengan kehidupan saya selama sekolah. Saya dituntut bukan hanya untuk belajar, tetapi juga membangun networking serta soft skills yang berguna untuk karir kedepannya.

Seiring berjalannya waktu, saya berpikir bahwa dua kemampuan tersebut sangat penting untuk dilatih. Maka dari itu, saya memutuskan untuk mendirikan organisasi kemahasiswaan internasional yaitu International Law Student Association Chapter UPN Veteran Jakarta di fakultas hukum bersama tiga teman saya. Perjuangan kami diawali dengan diskusi anggaran dasar dan proposal yang nantinya diserahkan ke wakil dekanat 3 bidang kemahasiswaan untuk dievaluasi lebih lanjut. Proses ini cukup menantang karena ada pasal yang harus direvisi sesuai arahan beliau, lalu kami juga harus menghubungi ILSA Headquarter di Washington D.C untuk melakukan pendaftaran ILSA Chapter di fakultas kami yang mana mereka mewajibkan kita untuk mengisi form pendaftaran serta membayar uang registrasi sebesar Rp 524.336. Setelah berbagai syarat administrasi terpenuhi, akhirnya pada tanggal 23 Juni 2022, ILSA UPNVJ resmi disahkan melalui surat keterangan dekan. Tentu hal ini membuat kami bangga karena telah berhasil mendirikan organisasi internasional pertama di lingkungan hukum sebagai platform dalam pembelajaran hukum internasional melalui lomba, webinar serta penulisan jurnal. Saat ini ILSA UPNVJ telah menghasilkan mahasiswa berprestasi berupa delegasi yang terdiri dari dua orang yang mendapat peringkat kedua pada International Law Olympiad yang diselenggarakan oleh Ablai Khan University.

Berdasarkan pengalaman tersebut, saya dapat mengambil tiga pelajaran hidup, yaitu saya tumbuh menjadi sosok yang kritis, kemampuan saya dalam hal teamworking semakin kuat, dan keuletan semakin terasah yang menyadarkan saya bahwa pendirian organisasi di fakultas itu tidak semudah yang dibayangkan. Dari tiga pelajaran tersebut, pendirian ILSA UPNVJ dapat terwujud.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun