Mohon tunggu...
Muhammad Nur Fajar
Muhammad Nur Fajar Mohon Tunggu... Administrasi - makan minum tidur

masalah bukan hambatan untuk mencapai tujuan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kemajuan PT Cisarua Mountain Dairy (CIMORY) di Indonesia

22 Juni 2024   06:37 Diperbarui: 22 Juni 2024   07:04 76
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Efisiensi operasional merupakan kunci keberhasilan bagi perusahaan di berbagai sektor industri, dalam sektor F&B yang dimana berperan dalam mengedepankan kualitas. PT. Cisarua Mountain Dairy (TBK) , sebagai salah satu Badan Usaha yang berperan dalam penyediaan minuman di Indonesia, memiliki peran penting juga meningkatkan ketersediaan produk, dengan menciptakan inovasi bersama dalam penyediaan produk minuman sehat untuk mendukung ekosistem dimasa yang akan datang.

                Dalam beberapa tahun terakhir, PT Cisarua Mountain Dairy telah berupaya meningkatkan kualitas produk. Namun, tantangan dalam menjaga mutu dan kualitas dari produk menjadi hal yang harus di perhatikan. Kualitas dan mutu  menjadi faktor penting karna produk tersebut akan sangat berdampak bagi kesehatan masyarakat . Oleh karena itu, pengendalian manajemen yang efektif menjadi krusial dalam mengidentifikasi akar permasalahan, mengambil tindakan preventif, dan memastikan operasional yang di lakukan sesuai dengan SOP yang di tetapkan perusahaan.

                Di era digital saat ini, perkembangan teknologi telah memberikan peluang besar bagi PT Cisarua Mountain Dairy untuk meningkatkan efisiensi operasionalnya dan menemukan inovasi. Teknologi yang berkembang pesat dengan muncul nya peralatan-peralatan canggih guna menyokong inovasi-inovasi baru . Namun, adopsi teknologi baru juga menghadirkan tantangan tersendiri, seperti kebutuhan akan investasi yang besar, pelatihan sumber daya manusia, dan integrasi sistem yang kompleks.

                Cimory Group adalah produsen produk makanan dan minuman kemasan berbasis protein di Indonesia, dengan pangsa pasar terkemuka di yogurt dan sosis premium. Didirikan pada tahun 1993, Grup saat ini memproduksi daging olahan, produk susu dan telur dengan berbagai merek, termasuk Cimory, Kanzler dan Besto, yang dijual melalui berbagai channel termasuk modern and traditional retailers, Food Service dan tim direct selling.

                Grup berbasis di Jakarta dengan fasilitas manufaktur di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Dengan visi untuk meningkatkan asupan protein orang Indonesia dari susu dan daging, Cimory berfokus pada produk-produk berkualitas tinggi, bergizi dan bernilai tambah.

                Sejarah Cimory dimulai dari perusahan yang bernama PT Macroprima Panganutama. PT Macroprima Panganutama adalah perusahaan pertama yang didirikan pada 1993 sebagai bagian dari grup Cimory yang berfokus pada pengolahan daging. Dirangkum dari laman resmi Cimory, Kanzler adalah merek daging olahan pertama yang dimiliki oleh PT Macroprima Panganutama. Selanjutnya, pada 2004, Bambang Sutantio mendirikan pengolahan susu di Cimory Restaurant di Puncak bernama Cisarua Mountain Dairy.

Pendirian Cisarua Mountain Dairy tersebut terinspirasi untuk mendukung petani di Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Seiring berkembangnya bisnis, Cimory menjalin kemitraan dengan koperasi susu di sekitar kecamatan Cisarua. Meningkatnya permintaan masyarakat Indonesia akan produk susu membuat Bambang Sutantio, pendiri Cisarua Mountain Dairy, masuk dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia pada 2022.

Dikutip dari laman Forbes, total kekayaan bersih Bambang Sutantio mencapai US$ 1,85 miliar. Pendapatan Cimory juga meningkat pesat ditopang oleh penjualan produk susu dan makanan beku yang meningkat lebih dari dua kali lipat. Perusahaan ini memiliki hampir 2.700 karyawan dan lima pabrik, tiga pabrik menghasilkan produk susu dan dua pabrik daging olahan. Cimory pun berencana menggandakan kapasitas pabrik susunya.

                Menilik kebelakang tentang Cimory sendiri, Cimory hadir berawal dari sebuah misi sosial, dimana pemilik perusahaan ini ingin membantu kesulitan para peternak sapi di wilayah Cisarua Bogor dalam menjual susu sapi mereka. Dari kepedulian inilah Cimory pertama kali menciptakan produk olahan susu seperti yoghurt yang memungkin Cimory membeli susu sapi segar Ini bukti bahwa Cimory lahir dari rasa peduli yang kuat akan masyarakat sekitarnya. Nilai-nilai falsafah inilah yang diteruskan dan menciptakan Program Miss Cimory.Kami melihat masih banyak keluarga yang hidup di bawah garis kemiskinan, tapi kami percaya mereka masih memiliki kemampuan dan kemauan untuk berubah. Maka kami berfokus kepada Pembinaan kemandirian ibu ibu rumah tangga Indonesia, kami percaya dengan program ini bisa menjadi solusi memecah rantai kemiskinan

Pt cimory ini amat menekankan kepada kepuasan konsumen maka dari itu kepusasan ini meningkatkan kemajuan yang amat pesat,mulai dari manfaat,kualitas,dan healty mereka sangat memikirkan hal  tersebut karna hal itu pula kepuasaan konsumen akan sangat terjaga.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun