Bandung Barat - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Pendidikan Indonesia mengadakan Senam Kreasi dan Games guna mengembangkan Motorik Kasar anak-anak di TK Mauidhotul Mustapidin tepatnya di RW 12, Desa Pasirhalang, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat pada Kamis (10/08/2023).
Selain kegiatan senam bersama ibu ibu RW 03, mahasiswa KKN Tematik UPI juga melakukan kegiatan senam kreasi dan games. Namun sebelum melaksanakan senam kreasi, mahasiswa telah berkoordinasi dengan pihak kepala sekolah untuk menanyakan kegiatan yang dibutuhkan di TK tersebut. "di TK ini kegiatan olahraga hanya dilakukan 2 minggu sekali, karena kita suka kebingungan untuk menentukan kegiatan olahraga apa yang harus dilakukan.Â
Jadi kami butuh kegiatan olahraga yang seru, agar anak -- anak tidak jenuh." Ungkap Sulastri selaku kepala sekolah TK Mauidhotul Mustapidin. Jadi mahasiswa memutuskan untuk melakukan kegiatan senam kreasi dan games guna mengembangkan motorik kasar anak-anak. Kegiatan ini di ikuti oleh anak-anak TK Madrasah Mauidhotul Mustapidin anak berusia 6 tahun kebawah.
Senam Kepala, Pundak, Lutut, dan Kaki adalah salah satu jenis senam yang melibatkan gerakan yang menggerakkan bagian-bagian tubuh tersebut. Senam semacam ini sering digunakan dalam pendidikan jasmani di berbagai tempat, seperti sekolah atau pusat kebugaran, untuk memperbaiki kebugaran fisik dan kesehatan tubuh.
Dua anak saling berhadapan dan didepan mereka ada sesuatu yang harus diambil dengan kecepatan tangan anak tersebut alat yang digunakan. Di kegiatan kali ini Mahasiswa KKN menggunakan makanan ringan sebagai hadiah agar anak-anak lebih semangat bermain permainan ini. Anak yang bermain harus mendengarkan intruksi yang disampaikan.
Ketika di intruksikan untuk pegang "Kepala" maka anak harus pegang kepala, ketika instruktur mengatakan "Pundak" maka diperkenankan memegang pundak, begitu pula untuk bagian lutut dan kaki. Kemudian urutan Gerakan pun bisa di acak contohnya setelah kepala selanjutya kaki. Dan yang terakhir ketika diintruksikan untuk mengambil makanan yang ada didepan mereka harus mengambil dengan secepat mungkin. Anak yang berhasil mendapatkan makanan dinyatakan sebagai pemenang nya.
Setelah dilakukan olahraga dan games, mahasiswa membagikan snack untuk pendamping makanan berat. Karena sebelumnya anak -- anak diperintahkan untuk membawa makanan berat dari rumah untuk di makan bersama -- sama saat kegiatan senam dan games telah selesai.