Mohon tunggu...
Muhammad Kasyiful Kurabi
Muhammad Kasyiful Kurabi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa_Program Studi Pendidikan Matematika_FKIP_Universitas Mataram

Mahasiswa program studi pendidikan matematika dan alumni kampus mengajar angkatan 8 tahun 2024

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Peran Teknologi Interaktif Berbasis Web dalam Meningkatkan Motivasi Belajar di SMP NW Mataram

6 Januari 2025   13:09 Diperbarui: 6 Januari 2025   13:45 67
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pemblajaran Matematika Intraktif Menggunakan PPT Canva & Quiziz di SMP NW Mataram. 

Teknologi Interaktif Berbasis Web: Kunci Meningkatkan Motivasi Belajar di SMP NW Mataram 

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa perubahan besar dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Salah satu penerapan inovasi ini terlihat pada penelitian yang berjudul "Peran Teknologi Interaktif Berbasis Web dalam Meningkatkan Motivasi Belajar di SMP NW Mataram". Artikel yang dibuat mahsiswa ini masih dalam proses pemriviewan jurnal dan insyaallah kemudian akan diterbitkan beberapa bulan kedepan, artikel ini menyoroti pentingnya penggunaan teknologi interaktif berbasis web untuk mendukung proses pembelajaran siswa.

Penelitian yang dilakukan oleh tim dari Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Mataram beserta anggota tim Kampus Mengajar Angkatan 8 SMP NW Mataram ini bertujuan untuk menganalisis dampak teknologi informasi terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan sampel jenuh, melibatkan seluruh siswa SMP NW Mataram sebanyak 30 orang. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner berbasis skala Likert, yang selanjutnya dianalisis menggunakan perangkat lunak statistik SPSS.

Hasil Penelitian: Teknologi Meningkatkan Motivasi Belajar

Hasil analisis data menunjukkan bahwa teknologi interaktif berbasis web berperan signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Dua faktor utama yang memengaruhi adalah:

  1. Teknologi Informasi dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,608.
  2. Kemudahan Penggunaan Teknologi yang memiliki pengaruh lebih besar dengan koefisien regresi 0,632.

Kemudahan penggunaan teknologi ternyata menjadi faktor utama yang memotivasi siswa. Platform seperti Google Classroom, Quizizz, dan Canva yang digunakan dalam pembelajaran dinilai sangat efektif dalam menciptakan pengalaman belajar yang interaktif, menarik, dan mudah dipahami.

Penelitian ini juga menunjukkan hasil uji validitas dan reliabilitas instrumen yang tinggi, dengan nilai Cronbach's Alpha di atas 0,7 untuk semua variabel. Selain itu, uji ANOVA mengonfirmasi bahwa model regresi yang digunakan signifikan secara statistik, dengan nilai F sebesar 23,439 dan p-value kurang dari 0,001.

Manfaat Teknologi dalam Pendidikan

Dalam penelitian ini, teknologi informasi tidak hanya mendukung siswa dalam memahami materi pelajaran, tetapi juga membantu mereka mengakses sumber belajar tambahan, berkomunikasi dengan guru dan teman sebaya, serta mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Penggunaan aplikasi interaktif seperti Quizizz membantu siswa berlatih soal secara dinamis, sementara Google Classroom memudahkan mereka untuk mengelola tugas dan materi pelajaran. Canva, yang sering digunakan untuk tugas presentasi, memberikan ruang bagi siswa untuk mengekspresikan kreativitas mereka.

Temuan ini sejalan dengan berbagai studi sebelumnya yang menegaskan pentingnya integrasi teknologi dalam pendidikan modern. Sebagai contoh, penelitian oleh Septiana, Gunahardi, & Akhyar (2021) menunjukkan bahwa media berbasis teknologi dapat meningkatkan kreativitas dan motivasi siswa. Penelitian lain oleh Yanti et al. (2024) juga menyoroti bagaimana pembelajaran berbasis teknologi membantu siswa menghadapi tantangan akademik sekaligus membangun kepercayaan diri mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun