Marketing adalah proses perencanaan dan pelaksanaan dari ide atau pemikiran konsep, harga, promosi, dan distribusi. Marketing sebagai salah satu media untuk membangun komunikasi dengan konsumen dipengaruhi oleh perkembangan teknologi komunikasi secara pesat. Marketing juga menjadi salah satu pilihan konsumen dalam menentukan keputusan pembelian. Hal ini membuat persaingan yang ketat untuk mendorong perusahaan menampilkan kapabilitas yang lebih baik dengan strategi pemasaran yang ada. Pokok marketing ada 4.Â
1. Promosi
2. Iklan
3. Produk
4. Distribusi
Ketika produk itu telah jadi maka produk akan melewati siklus, mulau dari perkenalan, pertumbuhan, pendewasaan, dan kehancuran.
Berikut adalah hasil wawancara dari tukang es kelapa muda.
"Bapak Alan adalah seorang pedagang Es Kelapa Muda yang berlokasi di Jalan Pesanggrahan V. Bapak Alan telah melewati waktu kurang lebih 7 Tahun lamanya dalam menjalankan usaha ini. Bapak Alan memang spanduk dan membagikan brosur untuk mengenalkan barang dagangannya kepada khalayak umum. Bapak Alan membuka usaha ini karena ia tahu bahwa es kelapa adalah minuman yang banyak disukai semua kalangan. Bapak Alan merasa sedih ketika musim hujan, sebab terjadi penurunan pelanggan. Bapak Alan juga sangat senang dengan usahanya, karena es kelapa juga bisa dijadikan obat."
Penulis: Muhammad Juliandi Purwantoro
Sekolah: SMK- At-Taqwa
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H