Â
Pengertian E-Bisnis
Adapun beberapa pengertian dari E-Bisnis menurut beberapa pakar, antara lain :
Menurut Kotler, E-Bisnis merupakan gambaran penggunaan alat-alat dan platforms elektronik untuk menjalankan bisnis perusahaan.
Sedangkan menurut Judy Straus, E-Bisnis adalah optimisasi aktivitas bisnis perusahaan terus menerus melelaui teknologi digital. Perkembangan internet telah meningkatkan kemampuan perusahaan secara luar biasa untuk menjalankan bisnis mereka lebih cepat, lebih akurat, melalui batasan waktu dan tempat yang lebih luas, biaya yang berkurang dan dengan kemampuan untuk mengkustomisasi dan mempersonalisasi tawaran kepada konsumen.
Menurut Steven Alter, E-Bisnis adalah praktek pelaksanaan dan pengelolaan proses bisnis utama seperti perancangan produk, pengelolaan pasokan bahan baku, manufaktur, penjualan, pemenuhan pesanan dan penyediaan servis melalui penggunaan teknologi komunikasi, komputer dan data yang telah terkomputerisasi.
Jadi dari beberapa pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa E-Bisnis adalah penggunaan teknologiinformasi dan komunikasi oleh organisasi,individu,atau pihak-pihak terkait untuk menjalankan dan mengelola proses bisnis utama sehingga dapat memberikan keuntungan—dapat berupa berupa keamanan, fleksibilitas, integrasi, optimasi,efisiensi, atau/dan peningkatan produktivitas dan profit.
Klasifikasi E-Bisnis
Adapun beberapa klasifikasi E-Bisnis antara lain sebagai berikut :
a. Bisnis-to-Bisnis (B2B)
Semua partisipan di dalam B2B e-commerce adalah pebisnis atau organisasi lain.