Mohon tunggu...
Muhammad iqbaladamiyah
Muhammad iqbaladamiyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Airlangga

Hobi saya bersepeda mengelilingi bumi

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pendidikan Kewirausahan dalam Kurikulum Vokasinal Guna Medukung Jiwa Patriotis oleh : Fiyanka Amelia Putri

23 Agustus 2024   08:00 Diperbarui: 23 Agustus 2024   08:09 39
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Sejatinya, seluruh elemen dan konsep pendidikan di Indonesia memiliki tujuan untuk memajukan bangsa agar tidak tertinggal dengan bangsa-bangsa yang lain. Dalam hal ini, kurikulum vokasional banyak menyumbang peran dalam ranah kewirausahaan. Banyak program studi vokasi yang memberikan keilmuan ekonomi terapan, guna membangun jati diri seorang wirausahawan yang nantinya dapat memberikan kontribusi terhadap kemajuan dan kesejahteraan UMKM ataupun produk lokal Indonesia. Menciptakan bisnis dan membuatnya menjadi dikenal semua kalangan bahkan dari manca negara adalah bukti bahwa sudah tertanam jiwa patriotis dalam diri anak-anak Indonesia. 

Adanya kurikulum vokasional semakin menambah jiwa patriotis anak-anak Indonesia, karena konsep kurikulum ini adalah ''Kerja Nyata'' dimana murid-murid yang mengambil kurikulum ini tidak hanya diberi materi namun juga langsung mempraktikan teori yang dipelajari. Pada zaman modern seperti sekarang, banyak pemuda pemudi yang memiliki impian menjadi pebisnis, hingga investor. 

Untuk mendukung pendidikan kewirausahaan dalam kurikulum vokasional yang dapat mendukung jiwa patriotis, dapat dilakukan cara-cara sebagai berikut : 

Mencantumkan materi mengenai bagaimana usaha lokal atau UMKM dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat nya

Melatih murid agar berinovasi mengenai produk-produk yang akan dihasilkan,yang nantinya dapat dipromosikan ke kalangan yang lebih luas

Mencantumkan materi dimana para murid dapat berinovasi dengan membuat produk hasil pemikiran mereka, namun tetap ada unsure kearifan lokal ataupun yang dapat melestarikan kebudayaan lokal

Mengembangkan sumber daya manusia di Indonesia melalui magang atau hal lain yang dapat membantu menambah pengalaman dan juga untuk mengurangi tingkat pengangguran

Membuat proyek nyata yang nantinya bersifat keberlanjutan. Dimana proyek murid dapat diteruskan hingga menjadi sebuah usaha yang dapat terus berinovasi

Beberapa cara di atas dapat digunakan dalam kurikulum vokasional pada bidang kewirausahaan. Tentunya tenaga pendidik sangat berperan penting sebagai pengarah untuk membentuk jiwa patriotis kaum muda melalui kewirausahaan yang dikemas dalam kurikulum vokasional. 

Saat ini banyak warga Indonesia yang memilih untuk membeli barang di online shop dan barang tersebut berasal dari luar negara Indonesia. Peran generasi muda untuk menjaga kearifan lokal dan mendukung produk lokal agar dikenal dan dapat membantu dalam peningkatan kualitas perekonomian negeri. Fenomena tersebut dapat diatasi dengan adanya penerapan kewirausahaan dalam kurikulum vokasional, dimana generasi muda terus-menerus melakukan praktik yang menciptakan sebuah produk yang dapat bermanfaat, tidak hanya untuk dirinya sendiri namun juga untuk membanggakan negara karena telah berhasil menciptakan praktisi-praktisi siap kerja dalam bidang kewirausahaan yang sangat inovatif dan berkompeten. 

Sebuah kepercayaan tumbuh dan akan terus bertumbuh untuk mendukung generasi muda Indonesia yang unggul dalam kewirausahaan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun