Mohon tunggu...
Muhammad Hilma Abdulloh
Muhammad Hilma Abdulloh Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2021.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Memberikan Apresiasi kepada Siswa dengan Menggunakan Peringkat dan Ranking

20 Juni 2024   06:42 Diperbarui: 20 Juni 2024   06:53 111
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Evaluasi pembelajaran adalah bagian penting dalam sistem pendidikan yang bertujuan untuk mengukur kemajuan siswa, efektivitas metode pengajaran, dan kualitas program pendidikan. Salah satu metode yang sering digunakan adalah ranking atau peringkat, yang berfungsi untuk mengidentifikasi prestasi siswa dan membandingkan kinerja antar siswa.

Ranking adalah pengurutan atau pemeringkatan berdasarkan nilai kuantitatif atau kualitatif, digunakan untuk mengukur kemampuan atau prestasi siswa. Ranking memiliki fungsinya tersendiri diantaranya adalah sebagai Evaluasi Prestasi Belaja, Penilaian spesifik dan akurat terhadap siswa, motivasi dan masukan belajar, Memberikan motivasi kepada siswa dan umpan balik mengenai kemajuan mereka serta pengelolaan data yang membantu dalam pengelolaan data prestasi siswa untuk pengambilan keputusan yang lebih tepat dalam pendidikan.
   
Dalam memberikan ranking terdapat beberapa proseduryang harus dilakukan, yaitu adalah sebagai berikut :

1. Ranking Sederhana (Simple Rank), yaitu mengurutkan siswa berdasarkan nilai total dari yang tertinggi ke terendah.

2. Percentil Rank, yaitu menentukan kedudukan siswa dalam kelompok berdasarkan persentase siswa lain yang nilainya lebih rendah.

3. Ranking Standar Score (Z-Score Rank), yaitu menghitung z-score untuk menentukan peringkat siswa berdasarkan standar deviasi dan rata-rata nilai kelompok.

Maka dapat disimpulkan bahwa ranking adalah metode pengurutan siswa berdasarkan nilai untuk menentukan kemampuan mereka. Fungsinya adalah memberikan motivasi dan gambaran kemajuan akademis siswa, serta membantu dalam pengelolaan data pendidikan. Prosedur penentuan ranking meliputi simple rank, percentil rank, dan z-score rank, masing-masing dengan metode dan langkah-langkah tertentu untuk menghitung nilai dan menentukan peringkat siswa.

Penulis : Kelompok 5 Evaluasi Pembelajaran
Muhammad Hilma A'bdulloh Gymnastiar, Nadia Khoerunnisa dan Ninik Nuraeni.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun