ABSTRAK
Modul ini menyajikan serangkaian cerita yang menggambarkan kekayaan budaya dan keindahan alam Indonesia, serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Melalui cerita tentang daerah masing-masing dan kegiatan sehari-hari, siswa diajak untuk mengenali beragam kebutuhan mereka dan bagaimana cara mendapatkannya dengan bijak. Selain itu, modul ini juga menekankan pentingnya membangun masyarakat yang beradab, saling menghormati, dan bekerja sama untuk menciptakan Indonesia yang sejahtera. Melalui pemahaman tentang kekayaan budaya dan alam Indonesia, diharapkan siswa dapat merasa bangga sebagai bagian dari negara ini dan bersedia menjaga serta melestarikan warisan yang diberikan oleh Bumi Pertiwi.
LATAR BELAKANG
Pendidikan merupakan salah satu teknik untuk manusia dapat bertahan hidup, hal ini dibuktikan bahwa manusia harus menyesuaikan dirinya dengan akselarasi perkembangan zaman. Setiap manusia harus mendapatkan pendidikan yang cakap. Undang-undang no 20 tahun 2003 mengungkapkan tentang pendidikan yang bertujuan mengembangkan potensi siswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa Kepada Tuhan YME, cakap, kreatif, mandiri, berakhlak mulia, sehat, berilmu, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Diperlukan media yang dapat mencapai pendidikan secara cakap yaitu kurikulum.
Saat ini pendidikan di Indonesia menggunakan Kurikulum Merdeka. Pada kurikulum ini ada perbedaan dengan kurikulum sebelumnya yaitu RPP. Berbeda dengan kurikulum sebelumnya yang mana RPP mengikuti format pada umumnya. Kurikulum merdeka memberikan keleluasaan bagi guru untuk dapat secara bebas memilih, membuat, menggunakan, dan mengembangkan format RPP. Hal yang perlu diperhatikan adalah 3 komponen inti pada pembuatan RPP yaitu tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan asesmen. RPP kini terkenal dengan modul ajar.
Modul ajar adalah salah satu sumber informasi yang dipakai oleh guru dan siswa untuk mengembangkan ataupun menambah wawasan dan menjadi motivasi dalam kegiatan pembelajaran. Kegiatan belajar yang dilaksanakan di satuan pendidikan melibatkan siswa dan guru, guru menyajikan materi pelajaran untuk siswa sehingga mereka mendapatkan materi pembelajaran. Pada penyampaian materi pembelajaran dibutuhkan media atau bahan ajar yang harus diselaraskan bersama strategi belajar yang dilaksanakan guru kepada siswa.
Ketersediaan modul ajar selaku bahan pembelajaran sangat penting guna mendukung kelancaran proses atau kegiatan belajar di sekolah. Modul ajar ini berisi capaian pembelajaran, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran dan juga pengorganisasian pada pelajaran IPS kelas 4,5, dan 6. Dengan demikian adanya modul ajar ini dapat membantu memudahkan guru maupun siswa untuk memahami materi.
Berikut link modul ajar IPAS (Khusus IPS) Siswa Kelas IV,V,VI
https://drive.google.com/file/d/16uPqNrbljKoKed6Y5kev0ABX2nEW8Q6X/view?usp=drivesdk
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H