Mohon tunggu...
Muhammad Haffizh Anugrah
Muhammad Haffizh Anugrah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Universitas Persada Indonesia Y.A.I

Haii sobat Perkenalkan nama saya Muhammad Haffizh Anugrah biasa di panggil apis. Disini saya akan membagikan informasi maupun pengalaman seputar hobby, seperti mendaki gunung atau jalan-jalan ke suatu tempat dan saya juga suka dengan dunia fauna terutama ikan. Terima kasih...

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Kamu Harus Tau!! 4 Pilar Literasi Digital

10 April 2023   18:52 Diperbarui: 10 April 2023   18:52 438
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Gambar : digitalbisa.id 

Halo sobat, seiring perkembangan nya teknologi dan semakin pesat nya Internet oleh karena itu disini saya akan sedikit membagikan apa yang telah saya ketahui tentang literasi digital. Sebelum masuk lebih dalam kalian harus tau dulu nih apa itu literasi digital?

Literasi merupakan kemampuan kita dalam mengolah dan memahami sebuah pengetahuan dan literasi digital merupakan kemampuan atau kecakapan kita dalam memanfaatkan media digital seperti halnya alat komunikasi atau media informasi yang terhubung dengan jejaring Internet.

Selain itu literasi digital mempunyai 4 pilar yang harus dipahami dan lakukan dalam kehidupan berinternet sehari-hari, yaitu digital skill, digital culture, digital ethics dan digital safety. Dari ke-4 pilar ini saya akan membagikan sejauh mana pengalaman saya tentang literasi digital, mari disimak...

Sumber Gambar : KOMINFO, SIBERKREASI
Sumber Gambar : KOMINFO, SIBERKREASI

1. Digital Skill

Digital skill merupakan hal yang penting bagi saya, dimana saya harus bisa mengetahui serta memahami dalam menggunakan media atau software yang berhubungan dengan dunia digital. Dalam Digital Skil saya berkemampuan menggunakan software editing adobe photoshop, infinite design serta adobe premiere, ya walaupun belum jago-jago amat sih alias masih belajar juga hehe. 

Sumber Gambar : Qubisa
Sumber Gambar : Qubisa

Ohh iya ga lupa keterampilan menyusun kata dalam ber-sosial media, hal ini yang harus menjadi perhatian apalagi kalo ngetik kalimat-kalimat yang rada sensitif.

2. Digital Culture 

Digital Culture merupakan cerminan dari cara untuk berinteraksi, berperilaku dan berkomunikasi di dunia digital. Oleh karena itu saya menerapkan dalam diri saya agar bagaimana caranya saya harus bisa menghargai setiap pola pikir maupun cara berkomunikasi setiap orang yang berbeda-beda pada dunia digital.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun