Teori Belajar Sosial yang dikembangkan oleh "Albert Bandura" menekankan bahwa manusia belajar melalui "observasi" terhadap perilaku orang lain dan konsekuensi dari perilaku tersebut. Teori ini menggabungkan aspek "kognitif, lingkungan, dan perilaku", sehingga memperluas pandangan tradisional tentang pembelajaran yang hanya melalui pengalaman langsung.
 **Konsep Utama Teori Belajar Sosial**
1. Pembelajaran Melalui Observasi Â
  - Individu dapat belajar dengan mengamati perilaku orang lain, tanpa harus melakukan atau mengalami sendiri. Â
  - Orang yang diamati disebut "model", dan pembelajaran dari model disebut "modeling".
2. Proses Kognitif dalam PembelajaranÂ
  - Bandura menekankan bahwa proses pembelajaran melibatkan pemikiran aktif, bukan sekadar respons otomatis terhadap stimulus. Â
  - Proses ini melibatkan perhatian, penyimpanan informasi, dan pengambilan keputusan untuk meniru perilaku.
3. Konsep Balikan (Reinforcement) dan Hukuman (Punishment)
  - Pembelajaran dapat dipengaruhi oleh konsekuensi yang diamati, baik berupa penguatan positif (reward) maupun hukuman (punishment). Â
  - Penguatan dan hukuman dapat terjadi secara langsung atau vicarious (melalui pengamatan konsekuensi pada orang lain).