Mohon tunggu...
Muhammad Farhan Ashari
Muhammad Farhan Ashari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945

saya hobi badminton

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Mengoptimalkan Pemasaran Produk Desa Kemasantani Melalui Platform Tokopedia

19 Juli 2024   01:03 Diperbarui: 19 Juli 2024   01:04 8
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendampingan strategi pemasaran/dok.tim

Kemasantani, Mojokerto -- Kegiatan pendampingan pemasaran produk dan manajemen strategi berjualan di platform Tokopedia diadakan untuk mengoptimalkan perluasan pemasaran produk yang ada di Desa Kemasantani. Acara ini berlangsung selama 12 hari, dimulai pada tanggal 10 Juli 2024 dan berakhir pada 21 Juli 2024. Kegiatan ini diinisiasi oleh mahasiswa/mahasiswi Universitas 17 Agustus Surabaya bersama dengan ibu PKK Pokja 3 serta karang taruna Desa Kemasantani, sebagai bagian dari program kerja Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Berdasarkan hasil survei di Desa Kemasantani, masyarakat setempat masih minim pengetahuan mengenai pemasaran online seperti Shopee, Tokopedia, dan platform e-commerce lainnya. Oleh karena itu, program kerja pendampingan ini dipilih dengan harapan mitra kami dapat memahami dan mempraktikkan pemasaran online.

Ibu Mariya, selaku ketua Pokja 3 Desa Kemasantani, menyampaikan, "Sumber yang didapatkan dari mitra kami untuk usaha keripik samiler di desa ini masih mengandalkan pemasaran manual, yaitu dari mulut ke mulut serta menitipkan ke orang dropshipper. Jadinya, banyak orang luar yang masih belum mengetahui tentang usaha keripik samiler yang ada di Desa Kemasantani. Kami berharap teman-teman mahasiswa KKN dapat memberikan inovasi pemasaran."

Pendampingan yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas 17 Agustus Surabaya ini bertujuan memberikan pengarahan kepada ibu PKK Pokja 3 dan karang taruna yang memiliki produk atau usaha agar lebih maju dan berkembang. Selain itu, pendampingan ini juga mencakup pembuatan akun dan toko di Tokopedia untuk mempermudah serta memperluas jangkauan konsumen.

Dengan adanya penjualan online di Tokopedia, diharapkan penjualan UMKM di Desa Kemasantani dapat meningkat secara signifikan. Program ini menjadi langkah nyata dalam mendukung kemajuan ekonomi lokal dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

#KitaUntagSurabaya #UntagSurabaya #UntukIndonesia #UntagSurabayaKeren #EcoCampus #KampusKompeten

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun