Mohon tunggu...
Muhammad Faisal
Muhammad Faisal Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UNDIP Semarang

Hanya Pelajar biasa yang ingin mencari ilmu sebanyak-banyak nya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sosialisasi "Digital Marketing Trends" kepada UMKM Guna Mempermudah Marketing Online di Masa Pandemi Covid-19

12 Februari 2021   20:50 Diperbarui: 12 Februari 2021   21:01 577
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Semarang (03/02/2021) - Pada masa pandemi yang sedang berlangsung seperti saat ini, Universitas Diponegoro Semarang Melaksanakan kegiatan KKN yang tidak biasa dari sebelumnya, yakni KKN Pulang Kampung dengan mengusung tema "Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi COVID-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG's). KKN tim I Universitas Diponegoro Periode 2020/2021 ini telah melangsungkan kegiatan KKN mereka di daerahnya masing-masing.

Salah satunya adalah Mahasiswa KKN Tim I Universitas Diponegoro, yaitu Muhammad Faisal dari Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis yang dibimbing oleh Romadhon, S.Pi., M.Biotech mengambil solusi dalam mengatasi permasalahan pemasaran pada UMKM, dimana melihat kondisi zaman yang semakin memudahkan dengan adanya internet sehingga memunculkan adanya istilah digital marketing atau pemasaran secara online. Ditambah dengan adanya pandemic Covid-19 ini membuat banyak orang untuk lebih banyak beraktivitas di rumah sehingga disinilah pentingnya sosialisasi lebih lanjut kepada UMKM agar dapat bersaing di dunia bisnis.

Sosialisasi ini membawa tema Digital Marketing Trends yang berisikan solusi alternatif UMKM dalam memasuki persaingan bisnis online diantaranya, seperti langkah-langkah memulai digital marketing yang tepat.

Dok. pribadi
Dok. pribadi
Nuzula, selaku pelaku usaha UMKM Bakso Bakar mengatakan " Kegiatan sosialisasi ini sangat menjanjikan pada pelaku usaha UMKM seperti kami dan menjadi pedoman penting dalam menjalankan digital marketing yang baik, semoga dapat menjadi sebuah manfaat kedepannya ". Kegiatan ini diharapkan mampu mendulang peningkatan jumlah UMKM  dan peningkatan keuntungan pada UMKM itu sendiri  dalam dunia bisnis online dan juga dapat meningkatkan perekonomian pada negara republik tercinta, Indonesia.

Penulis : Muhammad Faisal, Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Dosen Pembimbing Lapangan : Romadhon, S.Pi., M.Biotech

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun