Mohon tunggu...
Muhammad Fadly Dharmawan
Muhammad Fadly Dharmawan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa/UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

serenity connoisseur

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Dinamika Kelas: Memahami Gambaran Interaksi dan Belajar Perbandingan Politik

8 Juni 2024   11:23 Diperbarui: 8 Juni 2024   11:38 40
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Mengamati Perbandingan Politik

Perbandingan politik merupakan mata kuliah yang begitu menarik dan inspiratif. bagaimana tidak? Dengan segala kompleksitasnya, politik yang merupakan arena di mana kebijakan, ideologi, dan kekuasaan bersaing. Perbadingan politik membantu kita memahami berbagai sistem politik di seluruh dunia dan mempelajari bagaimana mereka mempengaruhi masyarakat dan tata kelola negara. Pertama dan terpenting, struktur politik mengacu pada bagaimana kekuasaan diatur di suatu negara. 

Perpecahan politik menunjukkan berbagai macam sistem politik, termasuk demokrasi liberal di Barat, otoritarianisme di Timur Tengah, dan pemerintahan hibrida di berbagai tempat. Perbandingan ini membantu kita memahami bagaimana hubungan antara lembaga politik dan kebijakan politik terangkum dalam mata kuliah ini. Dalam memahami perbandingan politik, penting untuk ddingat bahwasanya tidak ada suatu sistem politik dan kebijakan politik di berbagai negara yang mendapat tittle sempurna, karena setiap sistem memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, serta konteks sejarah dan historis berbeda yang mempengaruhinya. jadi, perbandingan politik bukanlah upaya dalam mencari yang sempurna melainkan lebih kepada pemahaman mendalam tentang keragaman sistem politik yang ada di berbagai negara dunia. 

Perbandingan politik juga sangat membantu kita memahami realitas politik yang ada saat ini dan memberikan inspirasi untuk menciptakan dan mengembangkan pemahaman tentang politik global, serta memperkuat kemampuan berfikir kita dalam menganalisis dan memikirkan solusi yang tepat atas tantangan dinamika politik yang kompleks. 

Interaksi dan Sistem Pembelajaran Perbandingan Politik

Sejak awal masuk kelas perbandingan politik, sudah memberikan kesan yang menarik mulai dari materi-materinya ditambah cara pembawaan pembimbing dalam memberikan ilmunya sangat inspiratif dan mudah untuk dipahami. seperti hal=nya dalam konteks pendidikan pembimbing bukan hanya sosok yang sekedar menyampaikan ilmu kepada mahasiswanya, lebih dari pada itu sebagai inspiratif dan penggerak dalam menikmati pembelajaran di setiap minggunya. Jika mata kuliahnya sudah sangat menarik, aspek yang perlu di perhatikan juga ialah cara penyampaian materi oleh pembimbing. sejauh ini dalam penyampaian materinya sangat baik dan mudah untuk dipahami, membuktikan bahwa pembimbing memiliki keahlian, pengalaman, dan dedikasi yang tinggi dalam memberikan pengajaran. Dengan berbagai metode seperti monolog, diskusi kelompok, serta penggunaan teknologi. Sebagai penggemar desain yang menjadi salah satu inspiratif bagi saya ialah pembuatan power point menarik dan bagus aja disertai komponen-komponen foto dan video, sehingga saya ingin membuat hal serupa dan masih mencari caranya. Pembimbing memastikan bahwa lingkungan pembelajaran menjadi inklusif, interaktif, dan mendukung. dengan memberi kebebasan mahasiswa untuk mengambil inisiatif dalam pembelajaran mereka sendiri, menumbuhkan rasa percaya diri, dan meningkatkan kemampuan untuk belajar. Selain itu, mendorong mahasiswa untuk menumbuhkan inovasi, berpikir kritis, dan memecahkan masalah secara kreatif. 

Ulasan dalam pembelajaran

Materi, sistem, dan cara penyampaian yang menarik tentunya hal itu sangat sempurna. namun, ada ulasan sedikit yang mungkin dirasakan oleh beberapa orang. didalam sistem yang diberikan kebebasan memang itulah yang diinginkan kami, akan tetapi semua hal pasti ada plus minusnya. Sistem ini mungkin mengacu kepada nilai, artinya ketika kita sudah berada di posisi aman kita tidak memiliki kewajiban dan keharusan lagi untuk belajar. Hal tersebut menjadi denial juga, karena sistem ini balik lagi kepada kita yang menjalankan, ini hanya pilihan bagi kita yang diberikan kebebasan untuk memilih. sebenarnya tidak ada celah untuk mengkritik sistem ini, ini sudah berjalan begitu sangat baik. ini hanya curahan bagi kami yang tidak berada diposisi aman yang sebenarnya akan mendukung dan senang juga kalau sudah diposisi aman. ya intinya ini karena kesalahan pemahaman kami dalam mengerjakan uas dan uts sehingga tidak mendapatkan hasil maximal, namun hal tersebut sudah lewat tidak ada gunanya juga untuk menyesali dan meratapi yang bisa dilakukan ialah dengan mencari jalan lain untuk mencapai aman tersebut. mungkin ada satu lagi ulasan  yang saya amati untuk yang melakukan presentasi sekiranya juga diberikan point bukan hanya yang mendebat dan memberikan pertanyaan karena membuat presentator lebih membuka termin lebih banyak karena salah satu mendapatkannya dengan bertanya. balik lagi sebenarnya kepada sistem kebebasan ini kembali kepada presentaor sendiri dan tidak ada urgensi untuk presentasi dijalankan itu semua sekiranya menjadi sah-sah saja lagi-lagi tidak ada tuntutan akan hal tersebut. intinya terlepas dari itu semua mata kuliah ini sangat menarik dan sangat bisa menikmati dalam jalannya pembelajaran.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun