Mohon tunggu...
Muhammad
Muhammad Mohon Tunggu... Guru - Pembelajar

Berbagi gagasan untuk kehidupan yang lebih baik.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Unlock Modem WiFi Huawei e5577cs-603, All Error Solved

27 September 2018   10:00 Diperbarui: 12 November 2018   20:02 9510
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Berawal dari paket XL Go yang makin gak manusiawi klo menurut ane, akhirnya ane coba buat ngoprek modem wifi (mifi) ane gan. Ane make mifi ini kira-kira udah setahun lebih dengan paket XL Go bawaan (istilahnya XL Go Plan). 

Awalnya kuota dalem paket XL Go Plan bisa dipake buat apa aja, mulai dari browsing sampe streaming di YouTube dan buka situs apa aja yang kita mau (pastinya bukan situs yang diblokir ya gan :D). 

Terus tanpa meminta konfirmasi dari ane, tiba-tiba XL ngasih tau klo paket ane dirubah ke skema paket yang baru, namanya XL Go izi. Istilah 'izi' yang mereka pake, menurut ane malah gak bikin 'easy' gan. Karena skema paketnya dibagi jadi dua, ada paket reguler dan paket YouTube. Semenjak itu, ane berhenti berlanggalan.

Oke, cukup sampe di situ intronya gan. Sekarang kita langsung aja to the point!

Hal pertama yang ane lakuin, buka Google, terus cari kata kunci 'unlock modem e5577'. Muncullah segambreng link yang siap dipencet. Ane coba satu persatu. Cara pertama yaitu:

  1. Install semua driver yang dibutuhin
  2. Masuk ke dalam ftm dengan menggunakan dc-unlocker
  3. Hasilnya; ane gak bisa masuk gan!!!
  4. Setelah ane coba berkali-kali sambil baca-baca artikel orang yang bahas masalah ini (salah satunya forum unlock yang ada di kaskus), ternyata ane tetep gak bisa masuk sampe akhirnya ane nyerah, karena ada komentar di salah satu artikel yang bilang klo unlock mifi e5577cs-603 emang gak bisa lewat ftm, harus bongkar modemnya

Lanjut ke cara kedua, ane coba buka YouTube trus ngetik kata kunci yang sama. Video yang muncul paling atas nge-link ke situs unbrick.com. Ane coba nonton video dan buka situsnya, langkah-langkah yang ane ikutin kaya gini:

  1. Download semua software yang dibutuhin dari situs unbrick
  2. Install driver yang dibutuhin
  3. Lepas batre mifi nya
  4. Bongkar mifi pake obeng kecil (kebetulan ane punya obengnya gan, klo gak punya, coba pinjem ke tukang servis hp gan!)
  5. Karena ane gak punya pinset buat ngehubungin antara power dengan satu bagian di PCB nya (ane gak tau namanya), jadi ane akalin pake kabel gan.
  6. Sambungin power ke satu bagian di PCB itu, trus colokin kabel data ke laptop, baru lepas sambungan power ke bagian PCB nya itu
  7. Di laptot bakal ngedetek mifi agan
  8. Buka balong, trus detek mifi nya
  9. Klo udah kedetek, buka usb loadernya. Pas awal-awal ane nginstall usb loader, mifi ane malah ngehang gan, jadi white screen (lebih tepatnya, jadi abu-abu gtu layarnya gan, tapi istilah kerennya white screen...hehehe). Akhirnya ane coba cari usb loader yang lain dan akhirnya bisa masuk ke bagian installing (di mifi nya muncul tulisan installing).
  10. Ane install firmware nya, tapi pas bagian terakhir malah stuck gan. Mentok di 'error code 21'
  11. Ane coba berkali-kali lagi, sambil baca-baca artikel. Sampe akhirnya ane nyerah lagi pake cara ini, karena ada pendapat orang yang pernah nyoba dan gagal juga kaya ane. Dia bilang, "Firmware yang tersebar itu gak ada yang cocok buat modem ini dan firmware nya emang gak disebar luaskan, biar konter-konter bisa laku, klo disebar, mereka bisa kehilangan job".
  12. Ane yang udah bela-belain sampe begadang-begadang, akhirnya menyerah gan.

Cara terakhir yang ane lakuin, ane buka Google lagi, trus ane cari kata kunci "jasa unlock modem". Berjumpalah ane dengan salah satu akun yang nawarin jasa unlock di daerah Bogor, kebetulan emang rumah ane di daerah Bogor gan. Ane langsung kontak nomornya, trus dia nyuruh ane buat dateng ke tokonya di Jambu Dua Bogor. Ane langsung berangkat ke sana trus dateng ke toko yang dia kasih tau, nama tokonya "Bogor Cellular" gan. Waktu ane nanya-nanya ke penjaga toko yang ada di sana (karena ane sempet nyasar), mereka pada tau ko gan, dan mereka juga tau klo Bogor Cellular buka jasa unlock modem. Lokasinya ada di lantai dasar, posisinya ada di tengah-tengah mall gan.

Karena ane dateng ke sana pas hari Minggu, ternyata penjaga toko yang bisa unlock modem lagi gak masuk, akhirnya modemnya harus diinepin gan. Besoknya baru ane ambil tuh modem. Pas ane dateng, modemnya udah di unlock dan siap dipake gan. Ane coba nyalain, ternyata udah gak ngeblank lagi. Trus ane coba pasang kartu Tri, ternyata kedetek dan langsung nunjukkin lambang 4G. Di sini ane udah bahagia banget gan, soalnya sebelumnya ane pikir nih modem udah gak bisa dibenerin lagi.

Trus ane coba konekkin Hp ke tuh mifi, notif di Hp ane langsung bermunculan, tanda klo jaringan internetnya berfungsi gan. Ane coba buka aplikasi Huawei Hi-Link, ternyata bisa. Ane coba juga buka browser trus buka alamat home nya, ternyata kebuka juga gan. Sempurnalah sudah kebahagiaan ane :)

Sebagai apresiasi ane buat toko ini, ane bikin tulisan ini sebagai testimoni. Dan buat agan-agan yang udah stress ngadepin mifi nya (kaya ane waktu itu :D), bisa langsung dateng ke tokonya. Klo tempat tinggal agan di luar kota Bogor, coba tanya aja gan, bisa unlock lewat team viewer atau engga, atau bisa juga modemnya dipaket aja gan.

Semoga artikel ini bisa meredakan kegundahan agan setelah bekerja keras ngutak-ngatik modemnya :)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun