Visi dan Misi Kurikulum
Visi    : Menghasilkan siswa yang cerdas, mandiri, dan cemerlang dalam berbagai bidang     dengan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan berintegritas tinggi.
Misi   : 1. Menyediakan pembelajaran yang berpusat pada siswa dan berorientasi pada pengembangan keterampilan abad ke-21.
        2.  Mengintegrasikan pembelajaran kontekstual yang relevan dengan kehidupan sehari-hari.
        3. Membekali siswa dengan keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah, dan inovasi.
Tujuan Kurikulum
- Mengembangkan kecerdasan kognitif, sosial, dan emosional siswa.
- Membentuk siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan analitis.
- Mendorong kemandirian belajar dan kemampuan mengambil keputusan.
- Menciptakan pengalaman belajar yang menginspirasi dan memotivasi siswa untuk menjadi yang terbaik.
Struktur Kurikulum
Kurikulum dibagi menjadi beberapa komponen utama :
- Mata Pelajaran Inti
- Matematika : Menekankan pada pemecahan masalah dan penerapan konsep dalam kehidupan sehari-hari.
- Bahasa dan Sastra : Fokus pada keterampilan komunikasi, berpikir kritis, dan ekspresi kreatif.
- Ilmu Pengetahuan Alam : Pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) untuk memupuk rasa ingin tahu dan pemahaman ilmiah.
- Ilmu Pengetahuan Sosial : Mengembangkan kesadaran sosial, budaya, dan keterampilan berpikir historis.
- Pengembangan Keterampilan Hidup
- Kewirausahaan : Menanamkan sikap kreatif, inovatif, dan mampu berinisiatif melalui proyek kewirausahaan.
- Teknologi Informasi : Pembelajaran coding, literasi digital, dan penggunaan teknologi untuk memecahkan masalah.
- Keuangan Pribadi  : Pengelolaan keuangan, perencanaan, dan pengambilan keputusan yang bijak.
- Pengembangan Karakter dan Kemandirian
- Pendidikan Karakter  : Nilai-nilai seperti kejujuran, tanggung jawab, kerja sama, dan kepemimpinan.
- Pembelajaran Sosial dan Emosional (SEL) : Pengelolaan emosi, empati, dan keterampilan sosial.
- Pengembangan Kecakapan Khusus
- Seni dan Musik      : Mengasah kreativitas dan kemampuan berpikir kritis melalui ekspresi seni.
- Olahraga dan Kesehatan : Mendorong gaya hidup sehat dan kerja sama tim.
Metode Pembelajaran
- Pembelajaran Berbasis Project (PBL) : Melibatkan siswa dalam proyek nyata yang relevan dengan kehidupan.
- Blended Learning                : Memadukan pembelajaran tatap muka dengan teknologi digital.
- Collaborative Learning            : Mendorong kerja sama antar siswa untuk menyelesaikan tugas bersama.
- Pembelajaran Differensiasi         : Mengakomodasi gaya belajar dan kebutuhan individual siswa.
Evaluasi dan Penilaian
- Penilaian Formatif   : Menggunakan observasi, diskusi, dan umpan balik berkelanjutan.
- Penilaian Sumatif    : Ujian, presentasi proyek, dan portofolio siswa.
- Penilaian Keterampilan Hidup dan Karakter : Penilaian berbasis kinerja untuk mengevaluasi keterampilan sosial dan karakter.
Kegiatan Ekstrakurikuler
- Klub Sains dan Teknologi   : Untuk pengembangan minat di bidang STEM.
- Klub Debat dan Jurnalistik  : Mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi.
- Klub Olahraga            : Mengasah keterampilan motorik, kerja sama, dan sportifitas.