Pasar tradisional di Indonesia, sebagai sektor ekonomi yang vital bagi masyarakat di sekitar, sedang menghadapi tantangan yang cukup signifikan akibat dari penurunan daya beli masyarakat.Â
Terlihat jelas di beberapa daerah, dimana pasar tradisional yang biasanya ramai dan menjadi pusat perdagangan utama, kini mulai sepi pembeli.
Banyak faktor yang dapat mempengaruhi daya beli masyarakat, salah satunya adalah biaya hidup yang semakin tinggi. Hal ini salah satunya disebabkan oleh kenaikan harga bahan pokok, tarif transportasi, biaya pendidikan dan kesehatan yang semakin tinggi.Â
Sebagai akibat dari kenaikan biaya hidup, pendapatan masyarakat terkadang tidak dapat mengikuti sehingga pengeluaran mereka di pasar menjadi lebih berhati-hati dan hanya membeli barang kebutuhan yang paling penting saja.
Selain itu, banyaknya produk-produk impor dengan harga yang lebih murah yang dijual di pasar modern juga turut mempengaruhi daya beli masyarakat di pasar tradisional.Â
Produk-produk impor tersebut kebanyakan bisa dijual dengan harga yang lebih murah karena efisiensi produksinya yang tinggi sehingga dapat bersaing dengan produk lokal.Â
Hal ini menyebabkan penjualan produk lokal di pasar tradisional menjadi semakin berkurang dan daya beli masyarakat untuk membeli produk lokal menurun.
Di samping itu, banyak produk-produk hasil industri yang dijual di pasar modern mempunyai kemasan yang lebih menarik, lebih aman, dan mempunyai kualitas yang lebih baik. Kemasan dan kualitas ini yang kurang dimiliki oleh produk lokal yang dijual di pasar tradisional, membuat calon pembeli lebih tertarik membeli produk-produk tersebut di pasar modern meskipun dengan harga yang lebih mahal.
Bagi pedagang di pasar tradisional, situasi seperti ini sangat sulit ditembus karena mereka kebanyakan tidak bisa bersaing dari segi harga dan kualitas produk mereka.Â
Oleh karena itu, dibutuhkan inovasi dan kreativitas dalam rangka menarik minat dan perhatian konsumen agar tetap bersedia membeli produk lokal yang berkualitas meskipun dengan harga yang sedikit lebih tinggi.