Mohon tunggu...
Muhammad Dahron
Muhammad Dahron Mohon Tunggu... Freelancer - Karyawan

Menulis Artikel

Selanjutnya

Tutup

Metaverse Pilihan

Menguak Dunia Virtual Terintegrasi, Bagaimana Teknologi Membentuk Perubahan?

12 Agustus 2024   05:00 Diperbarui: 12 Agustus 2024   06:02 175
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik


Hidup kita saat ini semakin tergantung pada teknologi. Bahkan, teknologi telah membawakan kita ke dalam sebuah dunia baru, yaitu dunia virtual terintegrasi yang disebut Metaverse. 

Metaverse adalah pengalaman dunia virtual terintegrasi yang merangkum gamification, kecerdasan buatan, realitas virtual dan augmented. Di dunia Metaverse, kita dapat mengalami pengalaman virtual seolah-olah kita ada di dunia nyata, bahkan seringkali jauh lebih menyenangkan.

Apa itu Metaverse? 

Metaverse adalah sebuah ekosistem virtual yang terdiri dari beberapa platform dan aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk mengalami pengalaman virtual terintegrasi. Di dalam Metaverse, pengguna dapat berinteraksi dengan lingkungan dan objek virtual, serta bertemu dan berkomunikasi dengan pengguna lain sesuai avatar yang mereka buat. Dunia virtual terintegrasi ini juga biasanya memberikan nadanya sendiri yang dapat dengan mudah berganti-ganti sesuai dengan keinginan pengguna.

Namun, kemajuan teknologi Metaverse tidak hanya berdampak pada dunia virtual semata, melainkan juga menstimulasi perubahan di dunia nyata. Beberapa contohnya adalah seperti:

  • Pendidikan Metaverse menyediakan berbagai macam pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan dibandingkan dengan metode pembelajaran tradisional. Guru dan pemateri dapat menyampaikan materi pelajaran dengan lebih mudah dan interaktif. Selain itu, pengguna Metaverse juga dapat berpartisipasi dalam berbagai diskusi dan acara online, baik dengan pengguna lain maupun dengan tenaga pengajar.

  • Bisnis Metaverse membuka peluang bisnis baru dalam bentuk e-commerce, advertising, dan pengembangan aplikasi dan game tambahan. Sebagai contohnya adalah Fortnite, game yang membuka pasar tambahan bagi beberapa pelaku bisnis yang menjual produk alternatif dari permainan tersebut. Selain itu, perusahaan-perusahaan dapat memamerkan produk mereka dalam lingkungan virtual dan menciptakan pengalaman yang berbeda bagi para pelanggan.

  • Hiburan Metaverse membuka peluang besar untuk hiburan multi-pemain dan presensi digital. Konten hiburan di Metaverse tidak hanya dalam bentuk game dan film, tetapi juga konser musik dan festival virtual, video olahraga, dan pertunjukan dunia virtual yang menarik lainnya.

Dengan potensi pengalaman yang mencakup sejumlah segmen kehidupan, Metaverse menjadi sasaran penting untuk berbagai pelaku industri di seluruh dunia. Oleh karena itu, tantangan besar yang dihadapi Metaverse adalah untuk memberikan pengalaman yang mulus dan menyenangkan, tetapi tetap menjaga aspek keamanan dan privasi pengguna dari serangan cyber dan ancaman lainnya.

Perkembangan Metaverse 

Meskipun Second Life telah lama berakhir, dunia virtual masih hidup dan terus berkembang dengan cepat, bahkan lebih pesat dari sebelumnya. Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi VR dan AR berkembang dengan pesat dan menciptakan sebuah ekosistem baru yang berpusat di sekitar dunia virtual terintegrasi atau Metaverse.

Selain itu, platform-platform seperti Roblox dan Fortnite menarik jumlah pengguna yang sangat besar, termasuk anak-anak dan remaja yang tumbuh dalam dunia digital yang terintegrasi, dan siap mengadopsi konsep baru dengan cepat. Ekosistem Metaverse semakin berkembang pesat di luar hal-hal yang menjadi harapan dan ekspektasi semua orang.

Pada dasarnya, perubahan arah pengembangan Metaverse menjadi lebih luas daripada sekedar membangun dunia virtual yang menarik. Sekarang, pengembang Metaverse yang peduli tentang dunia maya mereka harus memikirkan bagaimana caranya untuk mempertahankan tatanan keamanan dan privasi, untuk menciptakan pengalaman belajar dan hiburan yang lebih immersive dan berkelanjutan, dan untuk menemukan siapa yang akan menentukan standar dan protokol apa yang harus diikuti di sekitar arsitektur Metaverse.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Metaverse Selengkapnya
Lihat Metaverse Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun