METRO TV merupakan televisi berita pertama di Indonesia yang mulai mengudara sejak 25 November 2000. Metro TV adalah anak perusahaan dari MEDIA GROUP yang dimiliki oleh Surya Paloh, tokoh pers Indonesia yang telah merintis usaha di bidang pers sejak ia mendirikan Harian PRIORITAS. Metro TV bertujuan untuk menyebarkan berita dan informasi ke seluruh pelosok Indonesia. Selain bermuatan berita, Metro TV juga menayangkan beragam program informasi mengenai kemajuan teknologi, kesehatan, pengetahuan umum, seni dan budaya, dan lainnya guna mencerdaskan bangsa. Yang unik, Metro TV memiliki program berita yang ditayangkan dalam 3 bahasa, yaitu Indonesia, Inggris, dan Mandarin
Metro TV juga melakukan kerjasama dengan berbagai televisi asing yaitu kerjasama dalam pertukaran berita, pengembangan tenaga kerja dan banyak lagi. Dengan kerjasama skala internasional ini, Metro TV berusaha untuk memberikan sumber berita dapat dipercaya dan komprehensif mengenai keadaan dalam negeri kepada dunia luar. Dengan mengusung tagline "Knowledge to Elevate", Metro TV terus berupaya meningkatkan wawasan dan pengetahuan para pemirsa dan juga menjadi media yang memiliki kredibilitas, kecepatan dan ketepatan dalam menyampaikan info
Kesuksesan perusahaan tidak hanya dinilai dari keuntungan yang didapatkan, perannya dalam pembangunan lingkungan dan menyejahterakan masyarakat juga dinilai penting, salah satunya melalui kegiatan CSR. Kegiatan CSR akan menimbulkan kesan positif terhadap perusahaan yang akan berdampak pada reputasi baik perusahaan. Peneliti ingin mengetahui bagaimana implementasi kegiatan CSR Metro TV dalam mempertahankan reputasi perusahaannya
Pada saat kami melakukan kunjungan ke metro tv strategi PR sangat dibutuhkan untuk meningkatkan citra positif perusahaan. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan perusahaan dalam upaya peningkatan citra positif, salah satunya dengan menunjukkan kepedulian perusahaan kepada masyarakat dan lingkungan sekitar. Berbagai perusahaan di Indonesia telah memberikan kontribusi positifnya pada masyarakat dan lingkungan sekitar melalui kegiatan CSR. CSR atau Corporate Social Responsibility adalah kegiatan perusahaan dalam membina hubungan baik (goodwill) dengan publik yang berada di luar perusahaan atau publik eksternal. Dalam kegiatan CSR ini, perusahaan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan berupaya menanggulangi permasalahan sosial dan lingkungan.
Kegiatan CSR memiliki dua jenis yakni jenis charity dan juga jenis community development atau pembangunan masyarakat. Kegiatan CSR dengan jenis charity yang dimaksud adalah kegiatan perbuatan amal di mana perusahaan melakukan pemberian bantuan atau sumbangan secara sukarela dan bersifat sebagai perbuatan amal. Sedangkan kegiatan CSR dengan jenis community development atau pembangunan masyarakat lebih meliputi kegiatan yang bersifat pemberdayaan dan memajukan masyarakat.
Kegiatan CSR dengan jenis charity dinilai hanyalah menyelesaikan masalah sesaat dan hampir tidak ada dampak secara jangka panjang untuk meningkatkan kesejahteraan bagi penerimanya. Sedangkan kegiatan CSR dengan jenis community development merupakan kegiatan CSR yang bertujuan untuk pemberdayaan dan kemajuan masyarakat, sehingga memberikan dampak jangka panjang kepada kesejahteraan masyarakat. Kegiatan CSR dengan jenis pembangunan masyarakat bersifat sebagai bantuan yang terus menerus dapat dirasakan ini dinilai lebih tepat dengan tujuan Metro TV untuk mau berdampak dan berpengaruh melalui kegiatan CSR. Kegiatan CSR dengan jenis pembangunan masyarakat dapat memberikan perubahan secara berkelanjutan. Walaupun tidak menutup kemungkinan untuk Metro TV memberikan bantuan melalui kegiatan CSR dengan jenis charity seperti program donor darah, santunan anak yatim, operasi katarak gratis, dan lain sebagainya. Jenis CSR charity dan community development keduanya dilakukan Metro TV melalui kegiatan CSR dengan pilar pendidikan, kesehatan dan penanggulangan bencana. Melalui kegiatan- kegiaan CSR nya, Metro TB berusaha untuk melakukan kegiatan CSR yang memberikan dampak jangka panjang. Walaupun kegiatan CSR Metro TV meliputi kedua jenis kegiatan, Metro TV selalu berusaha untuk memberikan bantuan yang terus menerus dapat dirasakan.
Kegiatan metro berbagi
Kegiatan Metro berbagi dilangsungkan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 12 Jakarta dengan tema How to be A Good Public kegiatan diawali oleh sambutan Kepala MAN 12 Jakarta yaitu Ibu Dra. Herawati,M.Pd.beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada metro tv serta menyampaikan pesan kepada peserta yaitu "Giving is the master key to success, in all aplications of human life" serta dilanjutkan sambutan oleh Head of Corporate Communication Metro TV Fifi Aleyda Yahya beliau memberikan sambutan yaitu tagline Metro TV Knowlege to Elevate, televisi berita pertama di Indonesia itu terus berkomitmen menyajikan program berita yang berkualitas, mencerdaskan dan mencerahkan kehidupan bangsa "Namun, tidak hanya melalui pemberitaan, kami juga menyelenggarakan berbagai kegiatan edukasi sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab Metro TV kepada masyarakat Indonesia, secara khususnya generasi muda," ujar Fifi dalam sambutannya di MAN 12.
Kegiatan ini Ini merupakan kegiatan perdana Metro TV Berbagi di 2018. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk Corporate Social Responsibility.Kegiatan ini dihadiri peserta didik kelas XII, Pengurus OSIS serta ekskul Jurnalistik pada MAN 12 Jakarta. Kegiatan edukasi 'How to Be a Good Speaker' diberikan oleh News Anchor Metro TV Zackia Arfan. Metro TV berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi peserta didik MAN 12 Jakarta
Metro tv gelar kegiatan donor darah
Metro TV bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tangerang menggelar kegiatan donor darah bagi karyawan Media Group. Kegiatan ini merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) dan juga bagian dari kegiatan bakti sosial Metro TV Berbagi dalam bidang kesehatan. Kegiat Head of Corporate Communications Metro TV Fifi Aleyda Yahya mengatakan, donor darah ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Metro TV dan sudah kedua kalinya dilaksanakan di tahun 2024 ini. Rencananya, kegiatan donor darah ini akan terus dilaksanakan tiga sampai empat kali dalam setahun.
Kegiatan CSR bukan sekadar formalitas bagi Metro TV. Ini adalah investasi jangka panjang untuk membangun dan mempertahankan reputasi positif di mata masyarakat dan para stakeholder. Dengan reputasi yang baik, Metro TV dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi yang lebih besar bagi bangsa. Dengan begitu dapat disimpulkan, seperti teori citra dan reputasi perusahaan, Citra merupakan sesuatu gambaran yang ditunjukkan oleh perusahaan, yang kemudian perbuatan baik tersebut menimbulkan kesan baik berupa reputasi dari publik. Walaupun mendapatkan kesan baik atau reputasi positif bukan menjadi indikator utama dilakukannya kegiatan CSR, tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa kekuatan word of mouth sangat berdampak baik terhadap reputasi positif perusahaan. Metro TV dikenal sebagai media televisi swasta yang peduli dan memiliki rasa tanggung jawab sosial yang tinggi dari banyaknya kegiatan CSR yang dilakukan untuk publiknya. Kegiatan ini tidak hanya berfokus pada keuntungan finansial, tetapi juga pada kontribusi sosial yang positif, yang berdampak pada reputasi perusahaan. Metro TV menghadapi berbagai faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi CSR, namun tetap berkomitmen untuk membantu masyarakat melalui program-program seperti “Metro TV Berbagi” dan inisiatif lainnya yang berfokus pada pendidikan dan kesehatan
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI